Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Perikanan Untia Makassar

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelabuhan perikanan Untia di Jalan Salodong, Kelurahan Untia Kec Biringkanayya Makassar, Sabtu (26/11/2016). Dalam acara ini Jokowi didampingi oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan, Pelabuhan Untia ini dibangun lebih dari 9 tahun. Akhirnya dapat diselesaikan pada kepemimpinan Jokowi-JK.

“Mohon bantuannya untuk pembangunan Mother Ship di Sulsel. Di sana kami akan hadirkan bank dan pertamina di kapal, sehingga transaksi bisa dapat diselesaikan di atas laut,” kata Syahrul.

Sementara, Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti berpesan agar pelabuhan yang telah dibangun, tidak menjadi cerita lama. “Jangan sampai digusur lagi dan kita harus membangun lagi. Sulsel konsumsi ikan Sulsel paling tinggi dibanding daerah lainnya. Kita harus menjaga pelabuhan yang ada,” ungkap Susi.

Pelabuhan ini dibangun untuk melayani aktifitas bongkar muat kapal-kapal ikan, tempat pelelangan, dan industri pengolahan ikan. Pelabuhan bersama segala fasilitasnya itu dibangun di atas lahan sekitar 30 hektare. Adapun fasilitasnya yakni dermaga untuk tempat berlabuhnya kapal.

Pelabuhan Untia melayani kapal-kapal nelayan baik yang berskala kecil maupun besar. Pelabuhan tersebut bisa menampung kapal ikan dengan kapasitas hingga 100 gross tonase (GT) sebanyak 6-8 unit. Sementara untuk kapal kecil kapasitas sekitar 30 GT, bisa sampai puluhan unit kapal.(*)

 

Pemkot Makassar SC