Buka Musrenbang RKPD 2022, Wawali Parepare Ingatkan Cermat Tentukan Program Prioritas

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim atas nama Wali Kota Parepare resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022, melalui virtual, Rabu, 27 Januari 2021.

Wawali Pangerang Rahim yang membacakan sambutan Wali Kota Parepare mengingatkan peran Musrenbang sangat strategis dalam proses penganggaran kegiatan pembangunan.

“Disadari sepenuhnya bahwa kemampuan Pemerintah Kota Parepare baik dari sisi manajerial, aspek sumber daya manusia, maupun kemampuan penganggaran sangatlah terbatas. Sementara kegiatan pembangunan yang harus didanai menggunakan APBD jumlahnya sangat banyak. Oleh karenanya, diperlukan kecermatan untuk menentukan program-program yang menjadi prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan,” pesan Pangerang.

Pangerang juga mengingatkan, Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan, namun diharapkan pelaksanaannya bukan sekadar formalitas. Harus benar-benar mampu menghasilkan perencanaan pembangunan yang akomodatif terhadap berbagai permasalahan dan kebutuhan. “Lebih-lebih mampu mengantisipasi dan menyongsong perkembangan baik regional, nasional maupun internasional,” ingat Pangerang.

Karena itu, Pangerang berharap Musrenbang dapat menggali dan menentukan platform yang jelas dan terarah pada kepentingan masyarakat dan daerah.

Pangerang menekankan, dalam Musrenbang dibutuhkan perencanaan yang lebih sistematis, terstruktur, dan komprehensif. Itu karena tuntutan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan publik secara transparan dan memenuhi prinsip akuntabilitas publik.

“Dengan demikian, proses perencanaan dan penganggaran pembangunan yang berorientasi pada kinerja secara legal telah diupayakan agar minimal melibatkan tiga elemen yaitu masyarakat, DPRD, dan Pemerintah Daerah,” tandas Pangerang.

Musrenbang RKPD 2020 dilaksanakan oleh Pemkot Parepare melalui Bappeda. Hadir dalam pembukaan Musrenbang secara virtual yakni Sekda Kota Parepare H Iwan Asaad, Asisten dan Staf Ahli Pemkot Parepare, para Kepala SKPD, Kabag, Camat, Lurah, Ketua LPMK, serta Ketua RW se-Parepare. (*)

 

Pemkot Makassar SC