Tiga Kali Mangkir, Penyidik Kejati Sulsel Akan Panggil Paksa Saksi Korupsi Dana Bergulir

Kasipenkum Kejati Sulselbar, Salahuddin.
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Yus Adriansyah Susandy, saksi kasus dugaan korupsi dana bergulir koperasi yang saat ini tengah dalam penanganan pihak Kejaksaan Tinggi Sulselbar hingga saat ini belum pernah memenuhi panggilan tim penyidik untuk dimintai keterangan. Ketidakhadiran Yus sebagai saksi telah terjadi sebanyak tiga kali, sejak kasus dugaan korupsi ini di tingkatkan ke penyidikan.

Kasi Penerangan Hukum, Kejati Sulsel, Salahuddin menyatakan bahwa tim penyidik akan kembali mengirimkan surat pemanggilan sebagai saksi untuk keempat kalinya. Jika saksi dinilai tak koperatif, tim penyidik berjanji akan melakukan upaya paksa terhadap saksi yang diketahui merupakan pengurus inti dalam koperasi Hijau Muda.

“kita sudah panggil, ini yang ke empat kalinya. Kalau tidak datang lagi kita bisa lakukan upaya paksa, berhubung keterangan saksi ini sangatlah dibutuhkan untuk memperlancar proses penyidikan,” ungkap Salahuddin

Lebih rinci Salahuddin menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mendatangkan Adriansyah. Salah satunya ialah berkoordinasi dengan rektor Universitas Islam Indonesia (UMI), kampus dimana Ardiansyah menempuh pendidikan.

“Tim penyidik sudah mencoba berbagai upaya. saat dicek di kediamannya yang bersangkutan sudah pindah. Kami juga sudah berkoordinasi dengan rektor salah satu perguruan tinggi di Makassar, tempat dimana yang bersangkutan menempuh pendidikan, tetapi hasilnya nilih. Rektornya mengatakan bahwa dia sudah tidak aktif lagi menjadi mahasiswa,”imbuhnya.

Penanganan kasus dugaan korupsi dana bergulir koperasi oleh Kejati Sulsel telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2016 lalu. Hingga saat ini, telah ada tujuh koperasi yang diduga kuat terjadi perbuatan melawan hukum dari total 20 Koperasi yang diselidiki. Tujuh ketua koperasi juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Tim penyidik masih melakukan pendalaman materi terhadap koperasi-koperasi lainnya.

Gerinra Sulawesi Selatan