Peringati Sumpah Pemuda Ke-93, Disporapar dan KNPI Parepare Gelar Pemilihan Pemuda Pelopor 2021

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES COM, MAKASSAR – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pemerintah Kota Parepare menggelar pemilihan pemuda pelopor tahun 2021.

Kegiatan itu atas kerjasama Disporapar Pemkot Parepare dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Parepare dalam rangka momen peringatan hari sumpah pemuda yang ke-93.

Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk membangkitkan dan menumbuhkan semangat para pemuda di kota Parepare.

“Sesuai dengan tema tahun ini yaitu pemerintah ingin mewujudkan kemandirian pemuda melalui kepeloporan pemuda,” ucap Hamka.

Hamka menjelaskan, pemerintah kota Parepare akan terus tampil dan mendorong dalam upaya meningkatkan nilai-nilai persatuan dan kemandirian para pemuda.

Pemerintah kota Parepare juga, kata dia, berkomitmen menjaga sinergitas dengan seluruh lembaga atau organisasi kepemudaan.

“Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai organisasi kepemudaan selalu kita libatkan dalam upaya mewujudkan cita-cita pemuda Parepare, yang kreatif, mandiri, cerdas, dan berkualitas,” tandas Amarun Agung Hamka.

Kepala Bidang Kepemudaan Kantor Disporapar Parepare, Mansyur, mengatakan pemilihan pemuda pelopor adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk memberikan penghargaan kepada pemuda atas prestasi dan kontribusi kepeloporan yang luar biasa dalam kemajuan masyarakat di lingkungannya.

Adapun, kata dia, bidang kepeloporan yang akan dilombakan meliputi Bidang Pangan, Bidang Pendidikan, Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang Inovasi Teknologi, Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata.

“Dalam menghadapi tantangan era globalisasi diperlukan kesempatan yang seluas-luasnya bagi pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” jelas Mansyur.

Pemilihan Pemuda Pelopor Tahun 2021 ini, lanjut Mansyur dilakukan dengan melibatkan sebanyak mungkin partisipan pemuda.

“Untuk mendorong munculnya para pemuda yang memiliki jiwa kepeloporan maka pemerintah memberikan penghargaan kepada para pemuda yang telah menunjukkan semangat dalam mengembangkan potensi dirinya dalam menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Parepare, Muhammad Ramdhan selaku salah satu juri dalam pemilihan pemuda pelopor itu mengapresiasi dan mendukung.

“Kita akan wadahi ke komunitas dan organisasi. Kita harap pada pemilihan ini lahir inovasi baru kepeloporan pemuda. Dari pemilihan ini kita ingin melahirkan penggerak program produktif untuk kepemudaan secara umum,” tandas Ramdhan.(*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC