Mahaiswa Akademi HIPERKES Makassar, Berkunjung ke PJK3 Aksi ini Dilakukan

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Mahaiswa akademi HIPERKES Makassar program studi Hiperkes dan Keselamatan Kerja berkesempatan melakukan kunjungan lapangan Ke salah satu Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) yang mengelola pembinaan bersertifikasi KEMENAKER RI di bidang k3 ketinggian yang ada di Indonesia timur, yaitu PJK3 Celebes Rope, Jl Sipil Raya, Ruko 5 Kompleks Unhas Antang. Rabu (27/11/2019)

Dalam kunjungan ini, mahasiswa semester tiga tersebut di ajarkan teory dan praktek dalam melakukan pemanjatan dengan lantai kerja hingga pemanjatan dengan menggunakan acces tali (rope acces) “kami sangat terbuka pada mahasiswa yang ingin berkunjung untuk saling membagi ilmu khususnya pada k3 ketinggian, baik dalam bentuk latihan hingga pada proses penulisan KTI nya kelak. Di kegiatan ini kami menanamkan dan menunjukkan pada mahasiswa bahwa melakukan pekerjaan yang mempunyai bahaya yang tinggi, risikonya bisa rendah apabilah dibarengi dengan skill, serta peralatan yang mempuni.” Ujar Budiman yang merupakan Tenaga Ahli PJK3 Celebes Rope.

Direktur Akademi HIPERKES Makassar, M.Anas mengungkapkan “Kunjungan lapangan seperti ini harus dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah pengetahuan, skil, pengalaman bahkan jaringan. Kegiatan seperti ini sangat diperlukan oleh perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi vokasi dikarenakan dalam kurikulumnya di anjurkan untuk mendominankan praktek dibanding teory, maka dari itu kami sangat berterima kasih kepada PJK3 Celebes Rope yang menerima kami untuk melakukan kunjungan. Dan insha Allah kegiatan seperti ini akan selalu kami lakukan agar menghasilkan Alumni-Alumni yang dapat bersaing di zaman 4.0 sekarang ini.

Disisi lain Mahasiswa yang akrab di panggil Ummy mengatakan bahwa kunjungan di PJK3 Celebes Rope sangat menarik, dan menambah pengalaman karena selain materi yang diberikan didalam kegiatan ini juga melakukan praktek langsung yang dibimbing oleh para tenaga ahli K3 ketinggian, tidak hanya itu para tenaga ahli juga sangat terbuka untuk membagi ilmu dan pengalamannya kepada kami dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami.(*)

Andi Muhammad Fadli