2016, Nilai Investasi Sulsel Capai Target Rp 8 Triliun

Kadis Penanaman Modal dan PTSP Sulsel A.M Yamin

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Nilai investasi di provinsi Sulawesi Selatan hingga triwulan IV tahun 2016 kemarin mencapai Rp 8 triliun. Nilai tersebut diakui telah mencapai target yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Dari data Dinas Penanaman Modal Daerah Sulsel tercatat, nilai Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada triwulan IV mencapai Rp 2,1 triliun dengan jumlah proyek 93. Sedangkan nilai Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai US$ 1,1 juta dengan jumlah proyek 30.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sulsel, A.M Yamin mengungkapkan, di tahun 2016 ini angka realisasi PMA lebih besar dibanding PMDN karena pihaknya melakukan promo kepada investor luar.

“Tahun ini PMA yang lebih dominan ketimbang PMDN, karena memang kita melakukan promo terhadap investor-investor diluar melalui website,” kata Yamin, Sabtu (28/1/2017).

Jika dihitung sejak triwulan I hingga triwulan IV, Dinas Penanaman Modal Sulsel mencatat total PMDN sepanjang tahun 2016 mencapai Rp 3,3 triliun dan PMA mencapai US$ 3,4 juta.

A.M Yamin menerangkan, investor negara luar dominan adalah Singapura, yang ditandai dengan jumlah proyek yang tertinggi.

“Singapur yang masih dominan 19 proyek sekalipun jumlah investasinya hanya US$ 26,3 juta. Kedua Hongkong ini ada 11 proyek dari US$ 38,2 juta,” jelasnya.

Tahun 2017, rencananya target penanaman modal diwilayah Sulawesi Selatan mencapai Rp 10 triliun. Kedepannya, investor dari negara luar tidak lagi mengatasnamakan negara mereka.

“Tahun ini yang dominan adalah gabungan negara, jadi tidak lagi menceritakan bahwa negara tertentu dan mereka gabung-gabung,” tutupnya.

 

 

PEMKOT-Makassar