Kuartal Pertama 2021, Kalla Lines Distribusikan 11.365 Kendaraan Rute Jakarta – Makassar

Suasana bongkar muat pada salah satu kapal milik Kalla Lines di Pelabuhan Soekarno-Hatta, beberapa waktu lalu.
PDAM Makassar

SUARACELEBES, MAKASSAR – Kalla Lines mencatat distribusi kendaraan sebanyak 11.365 unit kendaraan untuk rute Jakarta-Makassar selama kuartal I 2021. Pencapaian ini sekaligus menempatkan Kalla Lines konsisten sebagai pemimpin market share sebesar 57%.

Khusus Maret 2021, Kalla Lines telah mendistribusikan 4.453 unit kendaraan dengan pencapaian market share 58 persen. Jumlah tersebut memperlihatkan bahwa memang terjadi peningkatan yang cukup signifikan dengan dua bulan sebelumnya.

“Januari-Februari 2021, distribusi kendaraan rata-rata melebihi 3.000 unit kendaraan. Memasuki Maret, jumlahnya sudah melebihi 4.000 unit. Peningkatan ini memang kami sudah prediksi sebelumnya karena demand untuk pasar otomotif juga terus meningkat karena diberlakukannya PPnBM 0% yang tentunya juga mendongkrak angka distribusi,” ungkap Muhammad Naim, Chief Operation Officer (COO) Kalla Lines.

Seiring dengan peningkatan tersebut, Kalla Lines pun terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada customer. Tidak hanya fasilitas pada armada, tetapi juga meningkatkan mutu operasional crew yang andal dan profesional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada customer setia kami yang terus memercayakan distribusi produknya kepada Kalla Lines. Sejauh ini, selama kuartal I 2021, kami telah mendistribusikan 11.365 unit kendaraan untuk rute Jakarta-Makassar dengan berbagai jenis muatan, mulai kendaraan kecil, sedang, dan besar. Jumlah ini pun menempatkan Kalla Lines dengan konsisten memimpin distribusi kendaraan rute Jakarta-Makassar yang memperoleh 57% market share,” jelas Naim.

Kalla Lines dilengkapi fasilitas armada terbaik dengan memiliki GPS-tracking system yang mampu mendeteksi titik koordinat kapal dan kecepatan berlayar secara akurat. Pergerakan kapal mulai dari titik berangkat sampai titik tujuan akhir bisa diketahui secara real time dan on time.“Ibaratnya seperti kita memesan transportasi online. Kita bisa nge-track dimana posisinya. Sangatlah membantu akurasi distribusi barang,” bebernya.

Ia pun yakin layanan ini akan semakin meningkatkan kenyamanan pelanggan untuk mengetahui kondisi dan waktu tempuh distribusi produknya. “Inilah salah satu keunggulaan layanan kami. Menjawab kebutuhan ketepatan waktu distribusi,” tuturnya.

Tak hanya itu, Kalla Lines juga sangat menjaga mutu pelaksanaan loading-unloading (bongkar muat) untuk kepuasaan pelanggan. Standar mutu layanan loading-unloading ini dibuktikan dengan adanya ISO 9001:2015 yang diresertifikasi tiap tahun.

Adapun jumlah armada Kalla Lines saat ini berjumlah tiga kapal jenis Roro dengan rute Makassar-Jakarta PP. Mampu menampung lebih dari 1800 unit kendaraan kecil, sedang, besar, hingga alat berat. Selain itu, ada pula armada tanker berkapasitas 1.550 Mton.

Kalla Lines pun senantiasa menerapkan protokol kesehatan terhadap armada maupun crew. Penyemprotan disinfektan rutin dilaksanakan di tiap armada. Sementara, crew diwajibkan memakai masker serta memperhatikan protokol kesehatan lainnya, seperti mencuci tangan dan tetap menjaga jarak selama beraktivitas. (*)

 

Gerinra Sulawesi Selatan