Konflik PPP Aras vs PPP Taufiq, Ini Saran Pengamat Unhas

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Konflik akibat dualisme Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kian memanas pasca putusan PTUN yang memenangkan kubu Djan Fariz.

Seperti yang terjadi di DPW PPP Sulsel, Saling ancam antara kubu M. Aras dan Taufiq Zainuddin dianggap hanya memperkeruh konflik. Keduanya disarankan membangun komunikasi untuk mewujudkan peluang islah antara dua kubu.

Adi Suryadi Culla, pengamat politik Universitas Hasanuddin. (fb)
Adi Suryadi Culla, pengamat politik Universitas Hasanuddin. (fb)

“Pendekatan yang diperlukan. Aras dulunya juga memiliki hubungan baik dengan Taufiq, mestinya bisa komunikasi,” kata pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Adi Suryadi Culla melalui telefon selulernya.

Elite PPP ditingkat lokal sebenarnya tidak harus ikut berkonflik. Apa yang terjadi saat ini disebut hanya imbas dari konflik ditingkat DPP. Peluang islah ditingkat DPW lebih mudah dilakukan dibanding DPP, karena konfliknya tidak mengakar, hanya butuh kemauan kedua belah pihak.

“Islah daerah lebih terbuka karena itu tergantung pada interaksi, dan kemauan para pengurus. Cuma hal sulit karena dua kubu menjadikan dualisme DPP sebagai patronnya,” jelas Adi Culla.

Jika Konflik berkepanjangan, bisa saja PPP tidak ikut pemilu 2019, lantaran masa verifikasi partai oleh kpu akan digelar sekitar Februari 2017 mendatang. (SO)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan