IYL Kian Tersisih, NH Berkibar Di Golkar

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Peluang Nurdin Halid ikut bertarung di Pilgub Sulsel melalui Partai Golkar kian terbuka. ketua DPD I Golkar Sulsel tersebut mendapat dukungan penuh dari kalangan pengurusnya ditingkat DPD II. Kondisi ini dinilai membuat Ichsan Yasin Limpo kian tersisih peluangnya mengendarai Golkar di Pilgub 2018 nanti.

“Peluang IYL mengendarai Golkar makin kecil. Ini seiring manuver NH yang bermanuver maju Pilgub melalui Golkar,” kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad.

Manuver Nurdin dianggap cukup berhasil merangkul kader Golkar dikalangan DPD II Seperti yang terjadi di tiga musda golkar.. “NH sudah  mulai dapat dukungan dari loyalis SYL dan IYL, khususnya Bone dan Soppeng,” tambahnya.

Bupati sekaligus ketua Golkar Bone, Andi Fahsar Padjalangi secara terbuka menyatakan dukungan kepada Nurdin Maju di Pilgub. Hal ini disampaikan Fahsar saat sambutan acara musda, kemarin.

Sinyalemen dukungan pencalonan Nurdin di Pilgub juga disampaikan Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak. Partai Golkar disebut punya mekanisme jelas dalam menetapkan usungan, dimana salah satunya adalah sesuai dengan kesepakatan dari seluruh kader yang ada pada DPD II Golkar.

Diketahui, Ichsan sendiri dalam beberapa kesempatan mengaku telah menyiapkan alternatif lain jika pada akhirnya tak diusung oleh Golkar. Intinsitas komunikasi dengan sejumlah parpol disebut bagian dari persiapan maju dipilgub.

“Ini (kunjungan parpol) bagian cb 2 yang saya akan lakukan, saya jarang keluar dari apa yang saya nyatakan. Saya berpegang pada komitmen, kemampuan, konsistensi,” ujar Ichsan usai bertemu elite PKS Sulsel belum lama ini. (SO)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan