banner dprd mkassar

200 Peserta Mengikuti Klasikal Latsar CPNS Kemendikbudristek di BPMP DKI Jakarta

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – 200 peserta mengikuti Klasikal Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemedikbudristek) Golongan III Gelombang III Angkatan 22, 27, 29, 31, dan 32 pada Batch pertama Tahun 2022.

Pelatihan ini bertempat di Kantor Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta, Jalan Nangka Raya No. 60 Tanjung Barat, Jakarta Selatan dan berlangsung selama 5 hari, mulai Senin-Jumat (28 November-3 desember 2022).

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (KEBTKE).

Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini berasal dari 12 kampus yang ada dibawah naungan kemendikbudristek mulai dari Aceh sampai Maluku.

Adapun nama kampus yang mengikuti pelatihan ini, seperti Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, Universitas Khairun Ternate, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Lampung.

Selanjutnya, ada Universitas Malikkusaleh Aceh, Universitas Mataram, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Cendana Kupang Nusa tenggara Timur dan Universitas Pattimura Ambon.

Pada sesi pertama kegiatan ini di pandu oleh Widyaswara, Aperta Ledy Alam, S.T., M.T., yang menjelaskan bahwa tahapan serta tata tertib pelatihan, kemudian memberikan kesempatan kepada masing-masing Ketua dan Sekertaris Angkatan untuk naik ke atas panggung.

“Lalu memperkenalkan diri serta menyampaikan bahwa Ketua dan Sekertaris Angkatan yang akan mengurusi keperluan peserta, termasuk jika ada keperluan diluar dari pelatihan Klasikal Latsar,” ujarnya.

Aperta juga memperlihatkan beberapa contoh yel-yel panjang dan pendek pada video youtube, kemudian menyampaikan kepada semua peserta untuk membuat yel-yel pada setiap Angkatan dan langsung di peragakan di atas panggung.

Narasumber Pertama Diyha Candrawati menjelaskan materi terkait dengan Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur dan Nilai-nilai ASN serta memberikan motivasi kepada peserta terkait dengan tantangan seorang aparatur sipil negara di era disrupsi.

“Dimana dosen kedepannya akan diperhadapkan pada penerapan transformasi digital yang sudah nyata. Apakah akan meningkatkan kinerjanya yang lebih efektif atau akan menjadi hambatan,” jelas Dihya melalui Aplikasi Zoom.

Selanjutnya, Narasumber Kedua Ali Sadikin yang juga merupakan perwakilan dari Kemendikbud berbicara tentang Core Values dan Employer Branding ASN serta Profesionalisme AS dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya.

Andi Taslim Saputra, S.Pd., M.Sn, selaku Ketua Angkatan 29 menyampaikan bahwa antusias para peserta mengikuti Latsar CPNS sangatlah besar, dikarenakan kegiatan ini berupaya untuk mempertemukan kembali budaya yang beragam.

“Di samping itu, para peserta Latsar ini adalah dosen-dosen dari berbagai Universitas, tentu kehadiran kami dalam pelatihan ini sebagai penanda kembalinya dialektika para intelektual dari berbagai Kampus di Indonesia dari sabang sampai Ternate,” ujarnya.

“Hal ini mengingatkan kita pada masa lampau dulu berbicara tentang revolusi, sedangkan kami bertemu disini untuk mempersiapkan amunisi untuk Indonesia di Tahun 2045,” lanjut Taslim selaku Dosen Seni Pertunjukkan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *