Antisipasi Cuaca Ekstrim, Personil Brimob Dirikan Posko SAR di Pantai Lumpue Parepare

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Sejumlah personil dari Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan mendirikan posko Search And Rescue (SAR) di kawasan pantai Lumpue, Kota Parepare.

Hal itu dikatakan, Brigpol Ahmad Yani, Dantim Posko SAR Batalyon B Satuan Brimob Parepare. Minggu, (29/12/2019).

Dia mengungkapkan, giat itu berdasarkan perintah Dansat Brimob Polda Sulsel melalui Danyon B Pelopor, Kompol. Sapari.

“Agar anggota siap. Kami dirikan tenda posko siaga SAR di wisata alam Pantai Lumpue, ini” ucap Sapari.

Kompol Sapari menjelaskan, posko SAR didirikan sebagai bentuk antisipasi akan bahaya cuaca ekstrim yang kerap terjadi pada akhir tahun, khususnya di wilayah kota Parepare.

“Ini sebagai bentuk antisipasi akan bahaya cuaca ekstrim,” katanya via telepon seluler.

Sapari menjelaskan, sejumlah peralatan telah disiapkan seperti yang digunakan untuk penanggulangan bencana alam, yakni perahu karet, live Jacket, sepatu katak dan selam, snorkel, pelampung dan lainnya.

“Kita siap segala peralatan yang dibutuhkan, kita sudah cek semua. Ini penting dilakukan utamanya personel agar sewaktu-waktu terjadi peristiwa unit SAR sudah siap dilapangan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan akan terus bekerja sama dengan pihak terkait seperti BPBD, Basarnas dan masyarakat terkait penanggulangan bencana.

“Itu bertujuan untuk menjalin kerjasama yang baik guna mencapai tujuan bersama yaitu melakukan tindakan penanggulangan bencana alam,” tandasnya. (*)

Andi Muhammad Fadli