Amping Situru Eks Bupati Toraja Akan Stor Rp895 Juta ke Kejari Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Mantan Bupati Tana Toraja, Johanis Amping Situru berencana memenuhi kewajibannya, mengganti uang kerugian negara sebesar Rp895 juta. Uang tersebut akan disetorkan ke kas negara melalui jaksa Kejari Makassar.

Kepala Kejati Makassar, Deddy Suwardy Surachman mengungkapkan rencana penyetoran uang kerugian negara itu akan dilakukan dalam waktu dekat,”Amping Situru itu rencananya mau mengembalikan kerugian negara. Tapi baru rencana, jadi kita tunggu aja,” ujar Deddy di ruang kerjanya.

Menurut Deddy, pengembalian kerugian negara itu memang menjadi perintah pengadilan yang harus dipenuhi terpidana. Terpidana kata Deddy harus mengembalikan kerugian negara sebesar yang disebutkan diputusan.

Apabila terpidana tidak memenuhi kewajibannya itu secara tunai, maka jaksa diperintahkan untuk melakukan penyitaan aset dan harta kekayaan terpidana. Jumlah aset dan harta yang akan disita akan dihitung mencukupi jumlah kewajibannya.

“Kalau masih tidak cukup maka sisanya, misal hartanya sudah dijual dan masih kurang Rp200 juta, maka diganti dengan pidana penjara. Tetapi harus dulu dilakukan penyitaan, terpidana tidak boleh langsung main ganti dengan pidana penjara, sementara uang negara tidak dipulihkan, tidak boleh,” jelas Kajari.

Untuk Amping Situru yang menjadi terpidana karena melakukan korupsi dana bantuan tak tersangka dan dana kemasyarakatan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Tana Toraja pada 2003-2004, beban mengganti kerugian negara sebesar Rp895 juta juga masih ditambah dengan membayar denda Rp500 juta.

Berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung yang telah berkekuatan hukum tetap, menyebutkan jika denda tidak dibayar oleh Amping maka dapat diganti dengan pidana penjara selama 1 tahun.

Kedua beban penggantian uang itu diputuskan MA bersama dengan putusan memenjarakan Amping selama enam tahun penjara, atau lebih berat dua tahun dari putusan tingkat banding dan pengadilan tingkat pertama.

PEMKOT-Makassar