banner dprd mkassar
DAERAH  

KBRI Apresiasi Kopiteori, Brand Lokal Makassar Tembus Singapura

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, SINGAPURA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Siangpura mengapresiasi Kopiteori sebagai UMKM brand lokal asal Makassar yang menembus pasar dunia, setelah membuka gerai di Singapura.

Kehadiran Kopiteori ini mendapatkan perhatian dari Pemerintah Indonesia dan mendapat kesempatan bertemu langsung dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, pada Jumat, 27 Oktober 2023 di Kantor KBRI di Singapura. Kunjungan Founder Kopiteori Uncle Trian ini disambut hangat oleh Suryo Pratomo. Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan banyak hal terkait perkembangan tren kopi di Singapura termasuk nilai kopi Indonesia mulai dari biji kopi sampai menjadi minuman yang siap dinikmati dengan nilai tinggi.

“Para pelaku UMKM yang membangun usaha dari yang kecil harus bisa berkembang dan menjadi besar, bukan malah menjadi kecil. Oleh karena itu, para pelaku UMKM tidak usah bersedih karena dari usah yang kecil tadi bisa menjadi besar,” Ucap Suryo

Beliau juga mengingatkan peran penting para pelaku UMKM yang ada di Indonesia untuk bisa berkembang sampai ke mancanegara. Terkait produk, beliau menyampaikan hal penting lainnya seperti kemasan produk yang harus diperhatikan sampai dengan standar kebersihan makanan dan minuman. “Yang harus terus dijaga dan dicek secara berkala adalah nilai makanan dan minuman serta kebersihan sesuai standar yang diterapkan oleh pemerintah Singapura,” Jelas Suryo.

Selain itu, dalam kunjungan hangat itu jajaran dari KBRI di Singapura juga ikut memberikan masukan terkait ekspor kopi dan nilai ekspornya. KBRI Singapura akan mendirikan House Of Beans (HOB) yang merupakan proyek kerja sama antara KBRI untuk mempromosikan biji kopi Indonesia di Singapura.

Menurut Billy Anugrah selaku Trade Attache di KBRI Singapura, program pendirian House of Beans (HOB) juga bertujuan mendorong promosi kolaboratif kopi Indonesia. “Pendirian HOB ini akan diluncurkan pada November 2023 di Singapura. Adapun masukan lainnya terkait bagaiamana Kopiteori bisa benar-benar membawa cita rasa Indonesia khususnya Makassar selain kopi Torajanya yaitu makanan-makanan tradisional khas Makassar.” papar Billy.

Sementara itu, Menurut Head Economic Department KBRI Singapura, Hastin A.B Dumadi, memberikan saran agar makanan khas Makassar perlu juga hadir sebagai teman minum kopi di Kopiteori. Tentu bukan hanya minuman namun ada produk makanan khas makassar yang bisa mewarnai menu di Kopiteori. “barongko, pisang epe, dan es pisang ijo juga sebaiknya dimasukkan dalam menu, biar menambah cita rasa khas lokal Makassar di Singapura,” saran Hastin.

Founder Kopiteori, Uncle Trian sangat bersyukur atas kesempatannya bisa berkunjung ke kantor KBRI Singapura. Keputusan Trian sapaan akrabnya menjelaskan dihadapan jajaran KBRI, bahwa membuka outlet di Singapura adalah sebuah tantangan dan suatu sikap keberanian dalam membawa dan memperkenalkan cita rasa kopi lokal dari Indonesia. Trian memeagang prinsip dari pepatah Makassar yaki, “sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai,” yang berarti “semangat kepribadian yang pantang mundur”. “Menjadi satu tekad kuat untuk Kopiteori agar terus maju menembus pasar dunia. Ini juga suatu bentuk dukungan nyata yang diberikan dalam memajukan UMKM.

Trian menambahkan Kopiteori tidak hanya soal menikmati kopi saja tapi juga ikut memberikan edukasi lewat pelatihan terkait kopi melalui Uncle Trian Studi (UTS) dan diharapkan juga bisa terwujud di Kopiteori Singapura.

Kopiteori di Singapura berlokasi di Jalan North Bridge 769, beoperasi pada hari Minggu sampai Kamis pada pukul 11 siang – 9 malam dan Jumat sampai Sabtu pada pukul 12 siang – 11 malam. Semoga kehadiran Kopiteori di Singapura bisa memberikan warna dan pengalaman baru dalam menikmati kopi Indonesia.

Dalam perjalannya, Kopiteori adalah coffee shop merk lokal yang siap memberikan pengalaman tentang kopi, telah hadir sejak 2014 dan berlokasi di Jalan Beruang No.20, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Saat ini, Kopiteori terus konsisten memberikan yang terbaik dalam cita rasa kopi lokal, dan menjadikannya sebagai coffee shop yang selalu dituju bagi penikmat kopi di Kota Makassar, luar Pulau Sulawesi, sampai mancanegara.

Hingga saat ini, jumlah pengunjung dan outlet Kopiteori mengalami peningkatan walaupun telah melalui masa pandemi Covid-19. Kopiteori berkembang dari yang awalnya hanya 1 outlet menjadi total 8 outlet di tahun 2023. Terdapat 7 outlet di Indonesia, 6 di antaranya berada di Kota Makassar yaitu Kopiteori Beruang yang menjadi induk sekaligus lokasi produksi (roastery), Kopiteori New Chapter, Kopiteori Funtastic Four, Kopiteori Miniverse, Kopiteori Studio, Kopiteori x 3 Wisemonkeys dan Kopi Teori Seven di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Kopiteori yang telah menjadi pelopor tren kopi specialty di Kota Makassar dan telah terindeks dalam daftar coffee shop berlabel halal LPPOM MUI ini, akhirnya membuka outlet di luar negeri. Pada 13 September 2023, outlet Kopiteori ke-8 resmi dibuka di Singapura dan menjadi momentum perkenalan kopi lokal dari Indonesia yakni kopi Toraja.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *