Pemkot Parepare Ganti Pola Rutinitas Apel

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, PAREPARE- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare kini mengganti pola lama dalam rutinitas apel pagi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang biasanya menggunakan pola baris-berbaris, menjadi pola duduk model ‘Coffee Morning’.

Selain bertujuan untuk membangun komunikasi dua arah antara pimpinan dan bawahan, inovasi yang diinisiatori Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare, H Iwan Asaad ini sebagai ajang evaluasi dan pengkaderan di setiap OPD, termasuk bagian lingkup Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare.

Menurut Iwan, program yang telah lama diterapkan saat menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo dan Bappeda Parepare ini mulai diterapkan per 1 Maret 2019, kemarin.

Para ASN dipimpin Kepala SKPD atau setiap bagian bergiliran memaparkan program, kegiatan serta inovasi dan capaiannya dalam apel duduk yang dilaksanakan setiap hari, pada pukul 07.30 hingga 08.00 wita.

“Apel model biasa diubah menjadi apel model coffee morning agar cara ini bisa terjadi komunikasi dua arah antara pimpinan dan staf,” ujar Iwan Asaad, Sabtu, (2/3/2019).

Selain itu, dia berharap apel duduk model coffee morning tersebut menjadi ajang evaluasi harian di setiap bagian lingkup Setdako, termasuk yang telah melakukan kegiatan perjalanan dinas.

“Termasuk yang melaksanakan perjalanan dinas dapat memaparkan hasilnya pada peserta lain agar semua bisa tahu dan paham atas info dimaksud,” beber mantan Kadis Kominfo yang tercatat berhasil mengantar radio pemerintah ini menjadi radio dengan kategori berita terbaik dalam ajang KPID award.

Iwan juga mengungkapkan, terobosan tersebut dapat pula menjadi ajang pengkaderan bagi staf untuk terampil berbicara di depan umum (public speaking).

“Ini juga saya terapkan di Bappeda dan Kominfo saat tugas di sana,” tandasnya.(*)

Badan Intelijen Negara
Pangkep SC