banner dprd mkassar

Dosen UNM Latih Siswa SMA Negeri 2 Sidrap Membuat Portofolio dengan Teknologi Artificial Intelegency

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pelatihan pembuatan portofolio dengan Artificial Intelligence (AI) untuk lolos masuk pada Prodi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) bagi pelajar SMA di Kabupaten Sidrap.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 2 Sidrap Jl. Wolter Monginsidi No.4, Rijang Pitu, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Senin (26/2/2024).

Adapun pelatih pada pembuatan portofolio tersebut merupakan Dosen Fakultas Seni dan Desain UNM Faizal Erlangga Makawi, S.Pd., M.Ed. sementara untuk peserta yang ikut kegiatan tersebut adalah siswa kelas XII yang merupakan calon mahasiswa baru.

Proses sosialisasi ini disambut dengan baik oleh kepala sekolah Siswadi, S.Pdi,. M.Si beserta jajaran guru SMA Negeri 2 Sidrap. Sementara para siswa-siswi di sekolah tersebut sangat antusias mengikutinya.

Selama proses sosialisasi berlangsung, pihak akademisi yang ada di Sidrap sangat membantu kelancaran kegiatan sosialisasi. Sehingga tidak dapat dipungkiri, melalui pelatihan dan sosialisasi ini, terjaring minat dari para siswa-siswi untuk melanjutkan kuliah di FSD UNM, khususnya pada program studi Pendidikan Seni Rupa, serta Prodi baru Animasi.

Faizal Erlangga Makawi, S.Pd., M.Ed dalam pemaparan materinya “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal dan pengalaman bagi siswa untuk mengenal teknologi kekinian karena dengan adanya keahlian yang kita miliki untuk dapat memanfaatkan teknologi seperti Artifial Intelegenncy”.

Maka akan mendapatkan kemudahan untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan kita semua. Selain dengan kemudahan tentu juga akan lebih efektif dan efisien dalam penggunaan waktu. Jadi di zaman sekarang waktu sangat penting, bukankah orang barat selalu mengatakan times is money (waktu adalah uang) begitu pentingnya yang namanya waktu.

Selain itu Erlangga juga memberikan tips-tips khusus untuk bisa lolos mengikuti seleksi masuk di perguruan tinggi pada Fakultas Seni dan Desain UNM, khususnya pada program studi Pendidikan Seni Rupa, serta Prodi baru Animasi.

Sekedar untuk diketahui bahwa Artificial Intelegency (AI) adalah program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan, logika dan karakteristik kecerdasan lainnya. Professor John McCarthy merupakan Ilmuwan Komputer yang telah memperkenalkan konsep AI pada tahun 1956.

Saat ini, AI telah banyak digunakan di berbagai aplikasi seperti search engine, asisten virtual seperti Siri, Google Assistant, dan Cortana.

Selain itu, pengembangan AI telah mencapai tingkat yang mengagumkan, salah satunya adalah penggunaannya dalam kendaraan otonom (self-drive) yang memungkinkan kendaraan melaju dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.

Selain penggunaan tersebut, AI juga memiliki potensi besar untuk memajukan bidang-bidang lain seperti bidang pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan, dan reformasi birokrasi.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *