Pemkab Sorong Belajar Pengolahan Sutera di Wajo

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, WAJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat, melakukan studi banding ke Kabupaten Wajo, Mereka belajar cara pengolahan sutera.

Rombongan dipimpin Asisten I Sekretariat Daerah (Sekda) Sorong Selatan, Joseph Bles. Kedatangan Mereka di daerah penghasil sureta ini diterima Bupati Wajo, H.A.Burhanuddin Unru didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Syamsul Bahri, S.IP,M.Si, Kepala Dinas Perindustrian, Drs. H.Syarifuddin, Asisten I, Ir. Andi Maddukelleng Oddang, M.Si, serta pejabat lainnya.

Asisten I Setdakab Sorong Selatan Joseph Bles mengaku ingin lebih banyak “berguru” tentang pengelolaan sutera di daerah ini.

“Pemkab Sorong Selatan sangat berminat melihat perkembangan dan pengolahan sutera di Kabupaten Wajo. Ilmu yang didapat akan dimanfaatkan pada masyarakat Sorong Selatan, “ujarnya.

Dilanjutkannya, bukti keseriusan Pemkab Sorong Selatan terhadap pengelolaan sutera di Wajo, selain diikuti pejabat terkait, study banding ini juga diikuti pelaku industri sutera dari Sorong Selatan.

“Jika memungkinkan, kami ingin melakukan pemagangan di industri sutera bagi pelaku industri sutera dari kabupaten Sorong Selatan, “harap Joseph Bles.

Sementara itu, Bupati Wajo, H.A. Burhanuddin Unru saat sambutan penerimaan mengatakan berterima kasih kepada Pemkab Sorong Selatan atas dipilihnya Kabupaten Wajo sebagai lokasi study banding.

Menurutnya, bukan hanya kabupaten Sorong Selatan yang telah memilih kabupaten Wajo sebagai lokasi study banding, sejumlah kabupaten datang ke Wajo untuk “berguru” pengelolaan sutera, diantaranya kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

“Kami siap menerima saudara-saudara kita yang ingin menimba ilmu persuteraan di Wajo, tentunya kami juga berharap agar nantinya kerja sama yang dibangun antara Pemkab Wajo dengan Pemkab Sorong Selatan dapat memberi multyplayer effect bagi kedua daerah, “ujar Bupati Wajo.(*)

Andi Muhammad Fadli