banner dprd mkassar

Belajar di Alam, SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar Field Trip Sosial di Paccekke

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – SMP Islam Athirah 1 Makassar telah melaksanakan field trip sosial dan tadabbur alam selama tiga hari yakni hari Jum’at-Minggu tanggal 27-29 Oktober 2023 di lingkungan Paccekke, kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.

Field trip ini diikuti oleh siswa kelas 9 sebanyak 126 siswa dan didampingi oleh guru-guru. Dengan mengangkat tema “We Care and We Share” dengan Agenda: Kelas Inspirasi, Kunjungan Sekolah, Baksos, Tadabbur Alam, Outbond dan Pengabdian Masyarakat.

Rombongan field trip ini berangkat dari Sekolah Islam Athirah jl. Kajaolalido bersama 12 mini bus yang diketuai oleh Andi Nunung Ikhdiana,S.Pd.

Nilamartini, S.Pd. M.M. selaku kepala sekolah menyampaikan nasehatnya saat acara pelepasan sehari sebelum waktu berangkat. Dia mengatakan bahwa para siswa harus bisa menjaga sikap selama berada di lingkungan orang lain.

“Ananda harus bisa menjaga sikap selama berkegiatan karena akan berinteraksi dengan orang-orang di luar dari temannya,” ucapnya.

“Jangan mempermalukan diri sendiri dan sekolah, sebab kalian sudah hampir 3 tahun dididik di SMP Islam Athirah Makassar jangan sampai karena satu kondisi kalian dianggap tidak terdidik. Dan jangan sampai gara-gara satu kondisi kalian kemudian dicap adalah anak-anak yang tidak terdidik,” tambahannya.

Mas Aman Uppi, S.Pd. M.Pd. selaku Wakil direktur wilayah Kajaolalido menyampaikan rasa bahagianya terhadap peserta field trip. Mas Aman Uppi juga mengapresiasi para siswa yang telah mampu mensosialisasikan diri karena field trip sebelumnya.

“Kami mengapresiasi dan mampu mensosialisasikan diri karena sudah ditempa melalui berapa field trip sebelumnya, di kelas 7 ada KPLP dan Field trip sains dan kelas kelas 8 ada fieldtrip leadership. Saya bangga nah tinggal dikuatkan dan ditingkatkan kalau terjun di masyarakat Indonesia, adat dan istiadatnya berbeda, kita harus menyesuaikan diri, nah kalian ke sana itu bagaimana menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada sehingga merasakan kehidupan orang-orang Islam yang ada di sana, kalian belajar hidup mandiri, berjuang karena proses itu yang bisa mencapai orang menjadi sukses,” ungkapnya.

Bupati Kabupaten Barru, Ir. H. Suardi Saleh M. Si saat menyampaikan sambutannya sekaligus memberikan nasehat kepada peserta kiat agar sukses mencapai cita cita adalah, diantara nasehat beliau selain belajar yang giat agar menggapai ridho orang tua terlebih dahulu.

“Untuk mencapai cita-cita itu kalian harus belajar dan belajar termasuk seperti yang kalian lakukan saat ini, namun kalian harus ingat seperti yang disampaikan Rasulullah Ridho Allah tergantung pada ridho orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua juga, maka anak anakku jangan sampai durhaka sama orang tua, orng yang durhaka tidak akan sukses Krn termasuk doa yang akan dikabulkan adalah doa orang tua,” jelasnya

Setelah itu berkunjung ke SMP Negeri 1 Barru Masniah selaku kepala sekolah SMPN 1 Barru mengapresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya dari Krn telah memilih untuk dikunjungi,

Kami sangat berterima kasih karena telah memilih sekolah ini untuk dikunjungi, dan kami juga berharap kelak bisa melakukan yang sama seperti yang SMP Athirah lakukan yaitu berkunjung ke sana khususnya SMP Islam athirah 1 Makassar , In Syaa Allah mudah mudahan kami bisa buat program untuk berkunjung.

Setelah itu diadakan pertandingan persahabatan futsal, dan sering antara pengurus OSIS, Pramuka dan lain nya.

Laporan : Zulpadli

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *