Gubernur Instruksikan Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2024 Gunakan E-Katalog

Pemprov-Sulsel PDAM-Makassar

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo melaksanakan Rapat Koordinasi pimpinan OPD yang dipimpin langsung Penjabat Gubernur dan dihadiri oleh PJ.Sekda, Para asiaten, staf Ahli, Staf Khusus dan seluruh Pimpinan OPD, Rabu (1/11/2023).

Rapat ini dilaksanakan dalam rangka Pj.Gubernur menyampaikan beberapa point penting terkait isu-isu aktual yang terjadi belakangan ini, salah satunya adalah terkait pelaksaan program kegiatan tahun 2024

Salah satu penekanan Gubernur dalam rapat tersebut adalah ditahun 2024 seluruh program kegiatan yang melalui proses pengadaan barang dan jasa harus melalui e-catalog,

Rapat Koordinasi Pimpinan OPD yang dipimpin Gubernur pada tanggal 1/11/22 antara lain mengintruksikan kepada sejumlah organisasu perangkat daerah (OPD) untuk melaksanakan pengadaan barang/jasa melalui sistem katalog elektronik (e-katalog) pada tahun 2024.

Saat ini beberapa OPD sedang menyiapkan dokumen-dokumen pendukung dan pembuatan etalase e-catalog lokal, sedangkan khusus beberapa OPD sperti dinas PU, Kesehatan, Pertanian kemungkinan akan menggunakan e-catalog sektoral yg dimiliki oleh kementerian masing-masing.

Hal ini disebabkan karena paket-paket OPD tersebut belum ada dalam catalog lokal, sedang dalam proses penelaah dan pembuatan etalse. Tetapi jika memungkinkan proses penelaah dan pembuatan etalasenya selesai dalam waktu dekat maka paket pekerjaan tersebut akan menggunakan e-catalok Lokal.

Untuk memperkuat apa yg disampaikan Pj.Gubernur tersebut telah dibuat Instruksi Gorontalo Nomor : 027/SET-BP/1129/X/2023 guna menindaklanjuti amanat Pasal 66 butir 6. Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 yang telah dirubah dengan Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan surat edaran Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah No. 3 Tahun 2023 Tentang Afirmasi Belanja Produk dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro Kecil dan Koperasi melalui E-Purchasing.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa setda provinsi Gorontalo Sultan Kalupe, ST.,MT mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Pimpinan OPD yang dipimpin Gubernur pada tanggal 1/11/22 antara lain mengintruksikan kepada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melaksanakan pengadaan barang/jasa melalui sistem katalog elektronik (e-katalog) pada tahun 2024.

“Dengan sistem itu, penyerapan anggaran proyek pembangunan diharapkan lebih cepat karena tidak melalui lelang”.

Sultan Kalupe menegaskan, menurut Penjabat Gubernurdibawah koordinasi biro Pengadaan akan dilaksanakan sosialisasi kepada asosiasi jasa konstruksi agar pengusaha-pengusaha lokal Gorontalo bisa mepersiapakan perusahaannya untuk berpartisipasi dan berkompetisi dalam pelaksanaan proyek tahun 2024 yang direncanakan dengan sistem e-katalog.

“Saat ini beberapa OPD sedang menyiapkan dokumen-dokumen pendukung dan pembuatan etalase e-catalog lokal, sedangkan khusus beberapa OPD seperti dinas PU, Kesehatan, Pertanian kemungkinan akan menggunakan e-catalog sektoral yang dimiliki oleh kementerian masing-masing”.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena paket-paket OPD tersebut belum ada dalam catalog lokal, sedang dalam proses penelaah dan pembuatan etalse. Tetapi jika memungkinkan proses penelaah dan pembuatan etalasenya selesai dalam waktu dekat maka paket pekerjaan tersebut akan menggunakan e-catalok Lokal, tutupnya.

Lampiran: Instruksi Gubernur Gorontalo Nomor: 027 / SET-BP / 1129/X/2023

Adapun Etalase Produk Katalog Lokal Provinsi Gorontalo yang Tayang di E-Katalog LKPP :
1. Alat dan/atau Mesin Pertanian Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
2. Alat Tulis Kantor Provinsi Gorontalo.
3. Aspal Provinsi Gorontalo.
4. Bahan Material Provinsi Gorontalo.
5. Bahan Pokok Provinsi Gorontalo.
6. Belanja Media Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
7. Benih Hortikultura Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
8. Benih Tanaman Pangan Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
9. Benih Tanaman Perkebunan Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
10. Beton Precast Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
11. Beton Ready Mix Provinsi Gorontalo.
12. Hewan Ternak Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
13. Jasa Keamanan Provinsi Gorontalo.
14. Jasa Kebersihan Provinsi Gorontalo.
15. Jasa Layanan Operator Angkutan Umum Provinsi Gorontalo.
16. Jasa Pengelolaan Sampah Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
17. Makanan dan Minuman Provinsi Gorontalo.
18. Pakaian Dinas dan Kain Tradisional Provinsi Gorontalo.
19. Pemeliharaan bangunan gedung pemerintah daerah provinsi gorontalo.
20. Penyelenggaraan permukiman di provinsi gorontalo.
21. Sarana Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Provinsi Gorontalo.
22. Seragam Sekolah Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.
23. Servis Kendaraan Provinsi Gorontalo.
24. Sewa Kendaraan Provinsi Gorontalo.
25. Souvenir Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.

Bapenda-makassar
Banner-nasdem
capil-makassar