Debat Seri Terakhir Pilkada Tator, NIVI Tampil Klimaks dan Sukses

SUARACELEBES.COM, MAKALE – Debat Publik seri kedua calon kepala daerah Tana Toraja 2020, baru saja berakhir yang berlangsung di Metro Hotel 1 Desember 2020 di Makale. Dari keseluruhan debat yang berlangsung, pengamat komunikasi digital dan dosen di Toraja mengakui bahwa pasangan nomor urut 2 Nicodemus dan Victor paling menguasai dari segi kualitas dan penampilan saat debat berlangsung.

Sejak debat pertama berlangsung di Kecamatan Bittuang dan debat kedua yang baru saja berakhir, penampilan Nicodemus dan Victor memang terlihat sangat meyakinkan. Ketua pemenangan perjuangan rakyat NIVI, Welem Sambolangi mengayakan bahwa usungannya sangat percaya diri sebab setiap saat tampil menggunakan pesona Tana Toraja yakni pakaian ada Tana Toraja. “Tentu sebagai warga Toraja dan alam menerima kehadiran melalui konsep budaya Toraja. yah usungan kami pasti percaya diri” ujar Welem.

Sementara itu pengamat Komunikasi Digital, Achmad Riansyah melihat sejak debat pertama dan kedua berlangsung dirinya menyaksikan secara detil penampilan Nico-Victor.. “penampilannya memang sangat berkesan. Dari penampilan itulah makanya saya rasa pasangan ini percaya diri. Apalagi sebagai incumbent” ujar alumnus Desain Komunikasi Visual (UNM) Universitas Negeri Makassar. Achmad yang juga pernah bekerja di televisi tersebut menilai pasangan Nico dan Victor nyaris tak ada celah saat debat berlangsung. “Apalagi saat debat kedua berlangsung. Semua unggul. Dari sisi penampilan oke, tampil depan kamera oke diserta paparan yang berkualitas” urai Achmad. . Ini kata dia, yang membuat pasangan lain cenderung tidak berkembang saat debat sebab penampilan NIVI pun mampu meneror penampilan atau psikologi lawan lawannya.

Sementara itu dosen Univeristas Kristen Indonesia (UKI) Toraja Adewinar Marano Patadungan menilai dari sisi kualitas konsep, visi dan program yang Nico-Victor paparkan saat debat ke 2 berlangsung sangat memuaskan bagi masyarakat. Tentang pariwisata dan pertanian yang NIVI paparkan kata dia sangat jelas dan terkonsep. Searah dengan tema serta pertanyaan dari para panelis yang telah disiapkan oleh pihak KPU. Apalagi kata dia, NIVI berjanji akan memberi kepastian hukum soal kasus lahan bandara.(*)

PEMKOT-Makassar