Fatmawati Rusdi Ingatkan Tim Makassar Recover Persuasif Turun ke Masyarakat Tangani Covid-19

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Meski diguyur hujan tak menyurutkan  semangat Wali kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto – Fatmawa Rusdi melaunching satgas Detector Makassar Recover yang berlangsung di Tribun Karebosi.

“Izinkan saya bersama wakil wali kota Makassar disaksikan ketua DPRD Makassar dan Forkopimda
dengan mencugapkan bismillahi rahmani rahim, satgas Detektor saya resmikan dengan resmi,” ucap Danny Fomanto dalam Launching Satgas Recover, Jumat (02/07/2021).

Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi yang hadir turut membakar semangat Satgas Detector yang merupakan ujung tombak melakukan screening dan monitoring kesehatan warga ditengah wabah pandemi covid-19 hingga ditingkat RT.

“Semangatki semua bekerja. Tapi jangan terlalu semangat tapi kita mengabaikan protokol covid-19. Ingatki semua saat bertugas, selalu terapkan prokes covid 5M,” kata Fatmwati Rusdi.

Fatmawati Rusdi juga mengingatkan satgas Detector dalam bertugas mengedepankan pendekatan persuasif.

“Salamat bertugas, di pundak Satgas detektor kita menitip harapan, mereka akan mendata kesehatan masyarakat.
saya sampaikan satu hal lagi kepada tim Makassar Ricover saat bertugas untuk mengedapankan pendekatan persuasif di tengah kondisi seperti saat ini. Dengan menyampaikan pesan pesan persuasif akan mudah diterima oleh masyarakat,” ucap Fatmawati Rusdi.

Sementara menjelaskan dalam sambutannya  Satgas Detektor berjuang layaknya pasukan infanteri yang terjun langsung ke seluruh RT se-Kota Makassar.

“Ibarat ada pertempuran saatnya pertempuran di semua RT, Pemkot hari ini meluncurkan Satgas Detektor, dua orang detektor bertugas di masing-masing RT,   kalau di Makassar ada 5000 RT, jadi jumlah detektor kita tugaskan sebanyak 10 ribu detektor,” ungkap Danny.

Danny juga menyebutkan, Satgas Detektor akan dibantu relawan Nakes yang akan memeriksa kondisi kesehatan warga, mulai dari mengukur suhu badan, tensi darah, saturasi oksigen, dan pemeriksaan Genose di seluruh kelurahan di Makassar.

“Jika ada yang reaktif, maka tim Covid Hunter akan diturunkan ke rumah warga tersebut melakukan testing dan pelacakan kontak erat, jika hasil pemeriksaan GeNose reaktif, maka dilanjutkan dengan swab antigen, jika masih reaktif kita periksa dengan alat PCR,” tambah Danny.

Peluncuran Satgas Detektor  juga dihadiri Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Makassar.

Launching satgas Detector
ini melengkapi dua satgas yang sudah berjalan, yakni Satgas Raika dan satgas Hunter. Tiga satgas ini bagian dari program Makassar Recover.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC