banner dprd mkassar

Angkat Tema Challenge Your Brain Be The Best, Ribuan Siswa SD Ikuti Athirah Olimpiade 2024

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Ribuan siswa SD se-kota Makassar mengikuti Athirah Olimpiade 2024 dengan tema “Challenge Your Brain Be The Best”.

Sebanyak 1084 siswa mengikuti babak pengisian dari 40 SD se-kota Makassar dan tersisa 185 peserta tingkat SD se-kota Makassar yang lolos ke babak final.

Selanjutnya, mereka berkompetisi di lantai 5 Menara Athirah, Sekolah Islam Athirah Makassar Jalan Kajaolalido, Sabtu (3/02/2024).

Olimpiade yang digelar oleh SMP Islam Athirah Makassar ini sebelumnya telah dilaksanakan sejak 22 Januari lalu dengan empat bidang mata pelajaran, yakni IPA, IPS, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Adapun peserta yang mengikuti kompetisi ini diikuti oleh siswa SD tingkat kelas 5 dan 6 dari 40 sekolah yang ada di Makassar. Kegiatan ini merupakan kali pertama olimpiade ilmu pengetahuan yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah Makassar yang diketuai oleh Mubasriani R,S.Si,S.Pd.,M.Pd.

Kepala Sekolah SMP Islam Athirah Makassar, Nilamartini,S.Pd.,M.M., mengatakan bahwa pada kegiatan sebelumnya di SMP Islam Athirah terdiri dua kompetisi, yakni Festival Olahraga dan Festival Budaya Nusantara.

Sementara untuk kegiatan olimpiade di mata pelajaran belum pernah dilaksanakan, untuk itu pihaknya menginisiasi adanya kompetisi ini.

“Harapannya kegiatan ini adalah ajang melatih diri, melatih anak berkompetisi di bidang matematika dan sains sehingga prestasi bisa lebih besar,” ujarnya.

“Dalam kegiatan ini, diharapkan peserta bisa saling sharing dan semangat berkompetisi, serta memberikan salah satu pengalaman berharga bagi mereka,” tambahnya.

Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido, Patris Hasanuddin mengatakan peserta yang mengikuti ini sudah pasti mereka adalah anak-anak hebat yang di belakangnya ada guru dan ayah bunda yang hebat.

“Sekarang kita sudah berada di era perubahan yang tidak pasti dan kompleks. Di era ini, akan eksis orang-orang yang terus belajar dan menjadi pembelajar,” ujarnya dalam sambutan pada Final Athirah Olympiad 2024.

Ciri orang yang mau belajar itu, kata Patris, memandang tantangan sebagai peluang yang menginspirasi orang lain. Juga memandang tantangan perubahan sebagai peluang.

Kegiatan ini sebagai satu wahana yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak hebat.

“Kalian yang lolos sekarang ini, telah melewati orang-orang hebat lainnya. Bahkan 1084 orang sebelumnya,” ujarnya.

Pada Athirah Olimpiade 2024 ini, yang berhasil menjadi juara 1 adalah Savio Mark Mallisaq dari SD Dian Harapan pada mapel bahasa inggris, Mapel IPA diraih oleh Agung Prawira Negara dari SD Akar Panrita Mamminasata.

Pada mapel matematika diraih oleh Ghulam Afandy dari SD Islam Athirah Makassar dan pada mapel IPS diraih oleh Ahmad Adli F dari SDIT Ibnu Sina.

Adapun kategori sekolah Top School Participnts diraih oleh SD Islam Athirah Makassar dan Top School Achievers diraih oleh SD Akar panrita Mamminasata makassar.

Laporan : Hasniwati Ajis (TIM Web SMP Islam Athirah Makassar)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *