Rutin Turun ke Pasar, Jajaran Disdag Makassar Lakukan Pemantauan Harga Bahan Pokok

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Jajaran Dinas Perdagangan Kota Makassar secara rutin melakukan pemantauan harga dan komunikasi efektif kepada para distributor, pedagang dan konsumen dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Stabilisasi Harga Bahan Pokok.

“Kami menginstruksikan kepada seluruh jajaran Dinas Perdagangan untuk secara rutin meluangkan waktu turun ke pasar-pasar melakukan komunikasi efektif kepada pedagang maupun konsumen terkait fluktuasi harga di Pasar Tradisional. Ini juga sebagai tindak lanjut arahan Bapak Pj Gubernur Sulsel,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti dengan pelaksanaan Operasi Pasar Khusus pada 5 pasar Tradisional setiap pekan pada hari selasa dan juga pada 5 Kontainer Terpadu Kelurahan setiap hari Kamis.

Hasil pemantauan dan komunikasi dengan pedagang Beras di Pasar Sambung Jawa bahwa adanya kenaikan harga dari pemasok berkisar Rp.1.000 – Rp.2.000 per zak, untuk ketersediaan pasokan masih lancar dan tersedia, selanjutnya dikeluhkan karena menurunnya daya beli masyarakat, sehingga jual beli agak menurun.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan Disdag Makassar, seperti Operasi Pasar Khusus pada 5 pasar Tradisional setiap hari Selasa dengan jumlah 500 zak @5Kg beras kualitas medium, minyak goreng, gula dan terigu per pekan sampai bulan Desember 2023 dengan harga dibawah HET Beras Medium.

Selain itu, ada juga distribusi bahan pokok murah, beras, minyak goreng, gula pasir, terigu secara bergilir pada 5 KONTER Kelurahan juga dilaksanakan setiap hari kamis 1 kali sepekan sampai bulan Desember 2023.