banner dprd mkassar

Tim PKM Unhas Berikan Pelatihan Pembuatan Sofa Ecobrick kepada IRT Kelurahan Cambaya

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Hasanuddin melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Cambaya, Kota Makassar.

“Salah satu hal yang paling penting dilakukan oleh mahasiswa selama duduk di bangku kuliah adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Mendengar secara langsung keluhan dari ibu-ibu di Kelurahan Cambaya membuat hati kami tergerak untuk menolong mereka,” ujar Aswita Maharani Ardianingsih selaku ketua tim.

Sejak awal tahun 2023 mereka telah menyusun proposal untuk kemudian mereka ajukan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DITJEN DIKTI) melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023. Kemudian dia bersama tim mendapatkan pengumuman hibah pendanaan pada bulan Juni.

Aswita mengatakan bahwa fokus utama kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu Ibu Rumah Tangga (IRT) yang merasa kesulitan secara ekonomi dan mengatasi permasalahan tumpukan sampah di sekitar lingkungan.

Dia mengatakan kepada warga, bahwa permasalahan sampah itu bisa menjadi solusi perekonomian mereka, yakni dengan cara mengolahnya menjadi sofa ecobrik bernilai jual.

Kegiatan pengabdian berlangsung sejak bulan Juli-Oktober, yang diawali dengan sosialisasi program dan pelatihan pembuatan ecobrick.

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa pertemuan berulang untuk pembuatan bata ecobrick, perangkaian bata menjadi sofa, melapisi sofa dengan kulit, dan diakhiri dengan memasarkan sofa.

Setelah melaksanakan kegiatan pengabdian selama beberapa bulan, kemampuan IRT dalam mengelola sampah plastik menjadi ecobrick dan penambahan pendapatan sudah dapat mereka rasakan.

“Saya senang sekali dengan adanya mahasiswa UNHAS ini. Karena jujur saya sebelumnya bingung juga mau bikin apa, karena kalau ekonomi masih kurang sekali, mau pergi kerja juga anak kecil tidak ada yang jaga. Jadi Alhamdulillah saya rasakan manfaatnya ini kegiatan, kita diajar buat sofa dari sampah plastik, menambah penghasilan juga kalau sofa ini sudah bisa dijual” ujar Indah, salah satu penerima manfaat program pengabdian.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *