PPP Wajo Desak Dinas Dukcapil Proaktif Lakukan Pendataan Jelang Pemilu

Pemprov-Sulsel-SC PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, SENGKANG — Sekretaris Partai Persatuan Pembanguan (PPP) Kabupaten Wajo, Asriadin Mase, mendesak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat lebih proaktif menjelang tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah sedikit, dampak negatif bisa menerpa Wajo jika pemerintah di daerah itu tak segera bertindak.

Salah satu yang tidak diharapkan terjadi adalah pengurangan kursi legislatif Wajo. Itu bisa terjadi kalau angka penduduk mengalami pengurangan dibanding pemilu sebelumnya.

“Selain itu, kepastian jumlah penduduk pun berpengaruh terhadap besaran penerimaan dana alokasi umum. Ini mesti diwaspadai,” kata Ariadian Mase, di Sengkang, Selasa, 5 Juli.

Menurut Asriadin, jika Wajo mengalami penurunan jumlah penduduk maka dapat diindikasikan sebagai kegagalan pemerintah setempat. “Membuka bobroknya tata kelola kependudukan,” tegas dia.

Asriadi juga mengingatkan, data kependudukan sangat penting sebagai arah pembangunan. Sebab, ucapnya, target pencapaian dari perencanaan pembangunan merujuk ke angka-angka penduduk. (*)

BAPENDA Makassar SC
Pangkep SC