Pasar Seni Kewirausahaan Pada Pameran Karakter FSD UNM 

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Sejak tahun 2016 hingga 2022, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (FSD UNM) telah gigih mempertahankan dan mengembangkan tradisi yang begitu istimewa, dikenal dengan nama Karakter.

Karakter itu merupakan kepanjangan dari Karya Akhir Semester, adalah sebuah kegiatan akademis yang secara rutin diadakan setiap akhir semester di Fakultas Seni dan Desain.

Kegiatan ini tidak hanya sebuah pameran semata, tetapi sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui berbagai bentuk seni, termasuk pameran, pementasan, pertunjukan, dan pasar seni kewirausahaan.

Pasar seni kewirausahaan yang dihadirkan mahasiswa prodi seni rupa pada Karakter kali ini berupa pernak pernik kerajinan tangan, makanan, dan minuman.

Semua ini merupakan hasil dari perancangan yang disusun selama proses pembelajaran 1 semester. Adapun mata kuliah Kewirausahaan ini diampu oleh Dr. Irfan, M.Pd dan Nurachmy Sahnir, S.Pd.,M.Pd.

Produk kewirausahaan yang ditampilkan cukup variatif, seperti gelang dan cincin dari manik-manik.

Selain itu, mahasiswa juga menyajikan makanan seperti kapurung, jamur krispi, baby pancake, kentang goreng, bola ubi, serta minuman kekinian. Semua produk kewirausahaan ini ditawarkan kepada pengunjung dengan harga terjangkau.

Selain produk kewirausahaan, karya-karya akhir semester yang ditampilkan sebagai berikut: fotografi karya dosen khusus, pertunjukan pada bidang drama, tari, dan musik, ilustrasi, desai produk cetak grafika Zine Book, komik, tipografi, desain grafis lingkungan, poster periklanan, desain grafis komputer, nirmana, dwimatra, desain karakter, gambar model, seni lukis realis, gambar ornamen, gambar suasana logam, dan karya animasi.

Karakter tahun ini diusung dengan tema “Funtastic 4: Fun & Fantasi”. Tema ini dipilih untuk menciptakan sebuah pagelaran yang menggabungkan unsur kesenangan (fun) dan fantasi sebagai inti dari pengembangan ide acara.