Desus 88 Tangkap 20 Terduga Terus di Makassar, Dua Tewas

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –  Densus 88 dibantu Tim Gegana Polda Sulawesi Selatan terus melakulan penyisiran mengajar pelaku terduga teroris di Kecamatan Biringkanaya.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menyebut saat ini sudah ada dua puluh terduga teroris yang ditangkap tim gabungan Detasemen Khusus 88 Antiteror bersama Polda Sulsel di Perumahan Villa Mutiara Biru, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (6/1/2021).

Sejumlah orang itu diduga tergabung dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sulsel.

Dari 20 orang yang ditangkap, dua di antaranya Jaiz dan Rizaldy tewas tertembak. Keduanya punya hubungan mertua dan menantu.

“Adapun keterlibatan dari dua orang meninggal yang melakukan perlawanan tersebut bahwa kedua tersangka dan jaringannya yang terpusat di Villa Mutiara merupakan jaringan JAD,” ujar Merdisyam saat konferensi pers di sekitar lokasi penangkapan, Rabu siang.

Merdisyam mengungkapkan, 20 terduga teroris itu ditangkap di beberapa rumah di Villa Mutiara Biru.

Selain dua terduga teroris yang tewas, satu terduga lainnya juga ikut tertembak, tapi saat ini masih menjalani perawatan.

Sebelumnya diketahui Dua teduga pelaku teroris di Villa Mutiara Cluster Biru, kelurahan Bulurokeng, kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar,  tewas ditembak oleh tim anti teror Densus 88 Polda Sulsel.

Kedua terduga pelaku teror yang ditembak adalah Rizlady dan Ajiz.
Mereka berdua ditembak karena melakukan perlawanan saat dilakukan penggerebkan, Rabu (6/1/2021) sekitar Pukul 06.30 Wita.

Ajiz menantu adalah Rizaldi. Sementara berdasarkan informasi dihimpun Rizaldy adalah anak dari H. Saleh dan Ibu Poppy.

Rizaldy lahir di ujung pandang 27 januari 1975 merupakan Ketua ADI (ANSHRO DAULAH ISLAMIYAH) yang merupakan anggota ISIS yang aktif dalam pengajian khusus di ponpes tanfidzul quran jl. Mamuruki 3 Sudiang Makaasar, pimpinan Almarhum ustd Basri LC (Alumni afgan) yang meninggal dunia di lapas nusakambangan jawa tengah tahun 2018

Rizaldy diawasi pergerakannya sejak kurang lebih 10 tahun dan tertangkap di bandara Cengkareng bersama anak dan istrinya pada tgl 26 september 2016 saat hendak terbang menuju Turki tujuan syria bergabung dengan ISIS.

Pada tgl 17 juli 2014 17 ramadhan 1434 H di Ponpes Tanfidzul quran rizaldy bersama Munarman eks sekjen ormas FPI Pusat, saat itu dan almarhum ustad Basri serta 300 orang pendukung dan simpatisan ISIS berbaiat sumpah setia kepada Abubakar Albagdadi

Adik rizaldy an Ulfa dan suaminya Rully menjadu pelaku bom bunuh diri di gereja piliphina januari thn 2019.(*)

 

 

PEMKOT-Makassar