Lewat Musrenbang, Taufan Pawe Jawab 10 Hak Anak

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Menjawab 10 hak anak yang digaungkan ratusan anak, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe akan menghadirkan sejumlah fasilitas yang akan mengakomodir 10 hak anak yang dinyanyikan di awal kegiatan Musrenbang Anak di Balai Ainun, Rabu, (6/3/2019).

Adapun 10 hak anak yang digaungkan yakni, hak untuk bergembira, memperoleh Pendidikan, Perlindungan, Nama, kebangsaaan, makanan, kesehatan, hak untuk rekreasi, kesamaan, dan hak untuk berperan dalam pembangunan.

“Musrenbang Anak adalah panggungnya anak. Kalian punya 10 hak yang anakku nyanyikan tadi harus diakomodir. Ini forum digunakan nak, apa mimpi kamu, apa harapan kamu, dan Pemerintah akan mengakomodir dalam perencanaan dan akan kami anggarkan,” ucap Taufan Pawe didampingi Sekda, Iwan Asaad, dan Plt Kepala Bappeda, Zulkarnaen.

Taufan Pawe juga menyebut satu persatu Hak Anak yang dinyanyikan tadi, termasuk hak bermain dan berekreasi.

“Salah satu hak anak bermain, berekreasi. Saya terispirasi, mohon Pak Sekda, Bappeda, tahun berikutnya kita  buatkan Taman Kreatifitas Anak sebagai tempat anak-anak kiya rekreasi, bermain, dan menyalurkan kreatifitas mereka,” kata Taufan.

Tak hanya itu, Taufan juga meminta seluruh kepala SKPD terkait untuk membuat terobosan agar 10 hak anak tersebut dapat tersalurkan.

“Termasuk Dinas Sosial, juga harus memperhatikan dengan memberikan bantuan kepada anak-anak, juga rumah sakit, salah satu hak anak di bidang kesehatan, harus terpenuhi,” tegas Walikota yang berhasil mengantarkan Parepare sebagai Kota Layak Anak.

Sebanyak 35.8 persen dari 143 ribu jiwa lebih penduduk di Parepare merupakan  anak-anak, sehingga pelibatan anak-anak dalam pembangunan sangat penting.

“Dinas PPPA juga harus pro aktif membuat inovasi yang dapat memenuhi hak anak-anak kita,” imbuhnya.

Taufan meminta, agat anak-anak yang mengikuti Musrenbang tersebut aktif dalam menyuarakan aspirasinya. “Anak-anakku jangan pasif kemukakan dengan keluguanmu, kemukakan dengan mimpimu. Kalian punya kontribusi untuk pembangunan di Parepare.(*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC