Timsel Calon Bawaslu Sulsel Ikuti Orintasi dan Pembekalan untuk Memilih Komisioner Terbaik

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Setelah terbit surat pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Provinsi Sulawesi Selatan. 5 Timsel yang telah dibentuk oleh Bawaslu RI mengikuti orientasi pembekalan tim seleksi calon anggota Panwaslih provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Ahley Jln Wahid Hasyim, Jumat hingga Minggu (6-8/1/2023).

Kelima Timsel tersebut yakni Dr.Andi Syahwiah A. Sapiddin, SH.,MH, Dr. Romy Librayanto, SH., MH, Drs Syarifah Raehana, S. Ag, M. Ag, Suparno, SS dan Robby R Rapi SH. Selain timsel yang berasal dari Sulsel juga ikut serta Timsel Bawaslu Provinsi Aceh dan Sulawesi Tenggara.

Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda bersama Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty dan Puadi memberikan arahan sekaligus membuka Kegiatan Pembekalan Bagi Tim Seleksi Calon Anggota Panwaslih Provinsi Aceh, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan Masa Jabatan 2023-2028 di Hotel Ashley Tanah Abang.

Pada kesempatan ini, Herwyn menyampaikan agar Tim Seleksi dan Sekretariat Panwaslih/Bawaslu untuk segera bersinergi karena ada tahapan yang memerlukan kerja sama dengan pihak lain yang penentuan nilainya tidak pada ranah Tim Seleksi seperti seleksi tes tertulis dengan sistem CAT. Selain itu, jika ada hambatan soal pendanaan untuk segera dikomunikasikan ke Bawaslu RI dan Bawaslu RI juga mengundang Kepala Biro Keuangan dan BMN agar memberikan pemahaman terkait pengelolaan keuangan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Dalam pembekalan dan orientasi tersebut Timsel mendapat banyak tantangan dan penjelasan-penjelasan teknis tentang proses perekrutan Bawaslu di Sulawesi Selatan. “Yang bapak akan hadirkan adalah tonggak demokrasi. Jujur, adil, mandiri, berintegrasi tinggi dan menjaga harapan publik negeri ini” harap Loly Suhenty anggota Bawaslu RI Saat menyampaikan pengarahan dan pandangannya tentang calon komisioner Bawaslu di tingkat provinsi.

Pada kesempatan tersebut tiga komisioner Bawaslu RI yang menyampaikan pengarahaan tersebut yakni Puadi Spd MM (Kord penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi), Lolly Suhenty, S. SOS, MH (Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dna Humas), Dr. Herwyn JH Malonda, Mpd., MH (Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat) berharap agar seluruh timsel dapat bekerja dengan semangat kekompakan. Mengingat kata Puadi, Pemilu ke depan sangat kompleks dan rumit. “Begitu rumitnya kepemiluan mendatang. Mohon proses rekrut ini betul betul. Saya sudah baca track record nya cukup bagus dan desainnya bagus” tandas Fuadi.

Salah seorang Timsel Bawaslu Romy L mengabarkan bahwa selain hal hal teknis tentang proses perekrutan Bawaslu Sulawesi Selatan mereka juga dibekali pemahaman tentang orang-orang yang sebaiknya layak dan pantas sebagai komisioner Bawaslu. Di mana kata timsel tersebut mereka yang benar benar memiliki integritas, profesional dan pengalaman. “tiga point ini yang lebih dikedepankan” tandasnya.

Pada proses perekrutan Bawaslu kelak Timsel tidak akan bekerja sendirian sebab akan melibatkan beberapa pihak yang akan ikut membantu Bawaslu untuk mendapatkan komisioner yang memiliki integritas, profesional dan pengalaman. (*)

Pangkep SC