banner dprd mkassar

Hari Perempuan Internasional, Kadis PU Makassar, Zuhaelsi Zubir : Untuk Perempuan Luar Biasa, Teruslah Menginspirasi

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –
Setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD).

Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir ST.MT, turut memberikan ucapan bermakna pada Hari Perempuan Internasional ini.

Ia mengucapkan selamat hari Perempuan Internasional untuk semua perempuan luar biasa di seluruh dunia! teruslah bersinar dan menginspirasi!

“Selamat hari Perempuan Internasional untuk semua perempuan luar biasa di seluruh dunia! teruslah bersinar dan menginspirasi!,” ucapnya pada Jumat, (8/3/2024).

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Peringatan International Women’s Day pertama kali diadakan pada Maret 1911. Proses pengamatannya dilakukan sejak awal 1900an ketika dunia mengalami ekspansi besar-besaran dan turbulensi di dunia industri. Keadaan itu membuat ideologi radikal berkembang pesat.

Pada tahun 1908 terjadi kerusuhan besar dan perdebatan kritis di kalangan perempuan. Terjadinya penindasan dan ketidaksetaraan di kalangan perempuan memicu pergerakan aktif. Perempuan menjadi lebih vokal untuk menyuarakan perubahan.

Perjuangan terus berlanjut pada tahun berikutnya yakni 1909 dan 1910. Perempuan Amerika terus menyuarakan peringatan nasional setiap hari Minggu terakhir di bulan Februari. Tekad kuat ternyata berbuah manis.

Pada tahun 1911, persetujuan bulat untuk mendirikan Hari Perempuan Internasional disepakati di Kopenhagen, Denmark. Masa itu, peringatan internasional pertama kali dilakukan pada 19 Maret oleh negara Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Lebih dari satu juta perempuan dan laki-laki hadir dalam rapat umum IWD. Rapat tersebut mengkampanyekan hak-hak perempuan untuk bekerja, memilih, dilatih, memegang jabatan publik dan mengakhiri diskriminasi.

Tahun berikutnya, perempuan di Rusia memperingati IWD pertama mereka pada 23 Februari. Terjadinya perbedaan tanggal perayaan membuat kesepakatan baru dan menetapkan Hari Perempuan Internasional secara global diperingati pada tanggal 8 Maret setiap tahun.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *