Gerindra-Demokrat Rancang Gagalkan Aliyah-IYL Maju di Pilgub

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dua Partai Politik (Parpol) peraih kursi terbanyak kedua di DPRD Sulsel masih gamang dalam menjatuhkan pilihannya mengusung kandidat maju di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Meski partai yang memiliki masing-masing 11 kursi dan sudah melebihi syarat untuk mengusung figur bertarung di kontestasi sekali lima tahunan itu jika digabungkan.

Namun dua parpol ini yakni Partai Gerindra dan Demokrat ternyata diam-diam merancang strategi khusus dalam menggagalkan langkah politik Aliyah Mustika Ilham serta Ichsan Yasin Limpo, Nurdin Halid dan Rivai Ras maju di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Padahal, jika melihat figur yang ada khususnya dari internal Demokrat, nama Aliyah Mustika Ilham sudah memastikan diri berpasangan dengan Agus Arifin Nu’mang.

Tetapi Demokrat tidak bergeming untuk menerbitkan surat rekomendasi usungan dari DPP.

Begitupun halnya dengan Gerindra sendiri, meski Idris Manggabarani disebut-sebut ingin meramaikan perhelatan pesta demokrasi namun partai besutan Prabowo Subianto itu sudah mengirim tiga nama ke DPP untuk diputuskan siapa yang bakal diusung.

Mereka adalah Ichsan Yasin Limpo, Nurdin Halid, dan Rivai Ras alias Bro Rivai.

Tetapi partai berlambang burung Garuda ini masih enggan menjatuhkan pilihannya baik kepada IYL, NH dan Bro Rivai.

Penyebabnya, karena IMB yang merupakan Ketua Gerindra di Sulsel masih ngotot mencalonkan diri maju di Pilgub.

Hal ini dibuktikan dengan upaya manuver politik yang dibangun bersama Ketua Demokrat Sulsel, Ni’matullah.

Keduanya sepakat membentuk poros baru. Upaya ini dilakukan demi menggagalkan hasrat politik Aliyah serta tiga figur lainnya yang ingin mengendarai Gerindra di Pilgub.

Hal itu terungkap setelah Ni’matullah membeberkan pertemuannya dengan IMB beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Ulla panggilan akrab Ni’matullah mengakui jika dirinya dan IMB membahas peluang koalisi antara partainya dengan Gerindra.

Tidak hanya itu, keduanya juga membahas soal kemungkinan dua partai tersebut berkoalisi di 12 Pilkada serentak dan Pilgub Sulsel.

“Pertemuannya kemarin malam, selain membahas koalisi di 12 Pilkada juga membicarakan koalisi untuk Pilgub,” kata Ulla, Kamis (7/9/2017).

Bahkan dalam pertemuan dua petinggi partai ini, mereka sempat membahas soal kemungkinan paket Idris Manggabarani-Ni’matullah di Pilgub.

Pasangan ini dipersiapkan sebagai penantang dua pasangan bakal calon lainnya yang sudah terlebih dahulu mendeklarasikan diri.

“Hal ini akan kami diskusikan di DPP,” lanjutnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gerindra Sulsel, Sawaluddin Arief membenarkan poin-poin yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Ia menyebut paket IMB – Ni’matullah berpeluang besar berpaket dan mendapatkan rekomendasi dari kedua partai tersebut.

“Peluang itu terbuka dan sangat memungkinan berpaket. Kita sementara upayakan dan akan membicarakan di tingkat DPP,”pungkas Sawal. (*)

Badan Intelijen Negara
Pangkep SC