banner dprd mkassar

Diberi Bekal Untuk Jadi Fotografer, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINAM Latihan Fotografi

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi bukan berarti hanya pintar berbicara melalui lisan atau tulisan. Jurusan Ilmu Komunikasi juga memberi ruang untuk belajar menjadi seorang fotografer.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar angkatan 2020, yang melakukan latihan fotografi langsung di lapangan.

Latihan tersebut merupakan bentuk tugas dari salah satu mata kuliah yang mereka pelajari, yaitu mata kuliah Fotografi. Dengan dimulai dari simulasi pengambilan foto di kampus, kemudian dilanjut dengan praktek langsung di lapangan.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINAM diberi tugas untuk take foto di beberapa tempat, seperti bangunan tua, pasar, tempat-tempat terkenal, ataupun tempat wisata. Tidak ada ketentuan khusus, pemilihan spot ditentukan oleh mahasiswa itu sendiri.

Latihan fotografi tersebut berlangsung selama kurang lebih dua bulan. Dimulai dengan simulasi dibulan Oktober lalu, dengan batas akhir pengumpulan adalah hari Selasa (06/12/2022).

Gunawan Farid Muhiddin, yang merupakan salah seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UINAM semester 5, mengatakan bahwa dalam prosesnya kerap ditemui beberapa kendala.

“Kalau kendalanya itu terkait dengan surat perizinan. Karena beberapa tempat seperti gereja meminta surat izin untuk melakukan take foto. Kalau surat izin tidak ada, kami juga tidak diberi izin,” tuturnya.

Ia juga merasa tugas ini sangat bermanfaat sebagai bekal untuk yang ingin menggeluti bidang fotografi.

“Saya berharap anak Ikom kedepannya yg dapat mata kuliah ini terkhususnya yang diajar oleh Bang Ibul supaya lebih baik dari angkatan sebelumnya, dan bisa lebih menguasai mata kuliah Fotografi maupun Cinematography,” tutup Gunawan dalam sebuah wawancara.

Citizen reporter: Achmad Khamal Sain, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *