Respons Cepat instruksi Wali Kota, DLH Parepare Edukasi Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare kembali merespons cepat aduan masyarakat terkait masalah kebersihan dan persampahan di Parepare.

Kali ini yang menjadi sasaran adalah sampah menumpuk di drainase samping Warung Makan Mie Titi, Jalan Bau Massepe, Parepare, Selasa, (9/02/2021). Tumpukan sampah yang menimbulkan bau menyengat itu berpotensi menyumbat drainase dan menyebabkan luapan air ke badan jalan.

Kepala DLH Parepare, Budi Rusdi selain mengkoordinir langsung tim petugas kebersihan, juga mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya. Jangan membuang sampah sembarang tempat seperti drainase. Buanglah sampah pada tempat-tempat yang sudah disediakan.

“Saat ini tim kebersihan DLH turun pembersihan sampah yang bertumpuk di drainase samping Mie Titi. Umumnya sampah plastik, botol-botol, dan plastik kemasan makanan,” ungkap Budi.

Budi menekankan, drainase itu harus dibersihkan agar dapat memperlancar dan tidak terjadi genangan air yang bisa menimbulkan penyakit akibat berkembangnya jentik-jentik nyamuk.

Cuaca panas dan bau yang timbul dari tumpukan sampah itu tak dihiraukan para petugas kebersihan. Mereka turun langsung ke drainase yang aliran airnya tersumbat sampah. Secara bergotong royong mereka mengangkut sampah-sampah dari drainase ke atas truk.

Budi berharap masyarakat bisa membantu para petugas kebersihan ini dengan tidak membuang sampah ke parit atau saluran air lainnya. Karena sampah yang menyumbat saluran air selain bisa menyebabkan banjir juga dapat menimbulkan penyakit.

“Marilah sama-sama kita tumbuhkan budaya bersih dari diri kita dan lingkungan kita. Buang sampah pada tempatnya,” pesan Budi.

Kegiatan membersihkan drainase ini, kata Budi, akan terus dilakukan demi untuk menjadikan Kota Parepare bersih, indah dan asri sesuai instruksi Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe. (*)

 

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC