Janji Politik Dolla Mando Sejahterakan Petani, Justru Harga Gabah Anjlok di Sidrap

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Panen harusnya menjadi masa yang menyenangkan bagi petani, karena bisa menuai hasil kerja keras mereka beberapa bulan. Sayangnya, tak selamanya petani bisa menikmati itu semua.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan harga gabah ditingkat petani sangat anjlok. Berdasarkan keterangan dari sejumlah petani perhari ini jatuh pada harga dikisaran Rp.4.400 hingga 4.300 perkilogram.

Kondisi ini mulai dikelukan Petani. “Harga gabah terus mengalami penurunan, kita jual kepada padagang itu Rp.4.400 bahkan ada yang membeli gabah pada harga Rp. 4.300,” kata Kemmang seorang petani yang tingal di Tellu Limpoe

Hal yang sama juga dikatakan oleh Rusman, bahkan ia mulai mengeluhkan harga gabah yang terus menurun. “Kita petani harusnya musim panen gembira, tapi ini justru tidak seperti itu, karena harga gabah semakin turun. Tuntunya penurunan ini sangat merugikan bagi petani, pemerintah harus memberikan solusi,” harap Rusman.

Penurunan harga gabah ini adalah terendah sejah tahun Lalu. Dimana pada tahun 2018 lalu harga gabah terendah sebesar Rp. Rp. 4.400. Sementara saat dalam janji politiknya pada kampanye pilkada, Bupati Sidrap Dolla Mando menjanjikan kesejahteraan pada petani, akan menjaga harga gabah tidak jatuh dan tetap menguntungkan petani.(*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC