Diduga Hendak “Serangan Fajar”, di Malam Pencoblosan  Pemuda di Maccopa Maros Diciduk Warga

SUARACELEBES.COM, MAROS – Warga kembali berhasil menggagalkan niat diduga pendukung salah satu paslon yang hendak melakukan ” serangan fajar”. Seorang pemuda terciduk saat akan membagi bagian sejumlah uang di BTN taroada kecamatan turikale tengah malam Selasa 8 Desember 2020 sekitar pukul 23.00 .

Saat kedapatan oleh warga, di tangan pemuda tersebut membawa sejumlah uang pecahan uang 50 ribuan dan seratus ribuan. Dugaan sementara, uang tersebut diduga kuat sebagai upaya money politik tim paslon dalam mendapatkan suara untuk dalam pencoblosan.

Sebelumnya pemuda tersebut mendatangi kediaman warga di BTN Taroada. Nasib naas, upayanya itu tercidu keburu dicium oleh warga. Warga sekitar pun ramai-ramai menghampiri pelaku dan melaporkan kejadian tersebut ke panwascam Turikale.

Ketua umum Bawaslu Kabupaten Maros Sufirman, membenarkan hal tersebut. Pihaknya selalu pengawas pemilu memang tengah gencar melakukan pengawasan TPS dan tindakan money politik dimalam pencoblosan.

“Saat ini kami memang melakukan patroli pengawasan logistik, memantau apakah tps sudah didirikan atau tidak. Juga fokus pengawasan kami adalah money politik,” katanya.

Menurut Sufirman, dalam giat patroli pengawasan Pilkada malam ini mendapatkan laporan warga dilokasi tersebut bahwa diduga tim paslon yang bersangkutan didapatinya memberikan uang kepada warga setempat.

“Olehnya kami amankan yang diduga pelaku ke kantor Bawaslu Kabupaten. Semua proses melalui jalur hukum yang ada,” terangnya.

Dari hasil sementara ditemukan uang senilai Rp. 100.000 ribu dengan pecahan Rp 50.000 ribu dari tangan terduga, “jika terbukti melakukan pelanggaran politik uang maka tentunya itu adalah tindak pidana pemilihan,” tutup Sufirman.

Saat ini, terduga pelaku money politik masih menjalani pemeriksaan lanjutan di Kantor Bawaslu Kabupaten Maros. Sebelumnya, tim hati kita keren kedapatan membawa sejumlah uang di Dusun Parrang, Desa Baji Pamai, Kecamatan Cenrana, dengan menggunakan mobil jenis Mitsubishi Pajero Sport plat DD 100 DD.(*)

PEMKOT-Makassar