Diserang Informasi Hoax, Jubir Paslon Maros Unggul Ajak Rivalnya Ciptakan Pilkada Damai Jangan Bikin Rusuh

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Juru bicara Tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati maros nomor urut 3 dengan tagline Maros Unggul, mengajak lawan politiknya (rival) untuk menciptakan pilkada damai.

“Inikan sudah masa tenang, aktivitas dalam bentuk kampanye dan lainnya sudah tidak di bolehkan lagi. Itu jelas aturannya, ayolah sesama tim jangan memprovokasi mari ciptakan pilkada damai jangan sebar informasi yang kesannya justru misinformasi”. Kata Mutmainnah, selasa (08/12/2020).

Hal itu di sampaikan Inna, sapaan akrabnya. setelah video disertai narasi beredar luas di media sosial, yang diduga sengaja di sebarkan oleh tim pendukung paslon tertentu untuk menjatuhkan pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 3 Andi Harmil Mattotorang-Andi Ilham Nadjamuddin, pemilik tagline maros unggul.

Penggalan video tersebut diketahui hasil tayangan salah satu televisi swasta, saat Arjab Ajib Mattotorang (Putra Andi Harmil Mattotorang) di tetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkotika dua tahun lalu.

“Itukan kejadiannya dua tahun lalu, dan sudah di jalani hukumannya. Dan itu bukan OTT, mana sumber yang mengatakan OTT saat itu”. Bebernya.

Meski demikian, Mutmainnah sendiri tidak mempermasalahkan hasil tayangan dari televisi swasta tersebut.

Hanya saja, narasi yang disertakan oleh tim paslon tertentu dinilai sebagai tindakan untuk menjatuhkan jagoannya dan mencederai pelaksanaan pilkada damai di maros ini.

“Narasi yang sengaja di cantumkan itu sebenarnya masuk dalam kategori hoax (kabar bohong), sesuai karakteristiknya dikenal dengan istilah misinformasi”. Bebernya.

Lebih lanjut iya menjelaskan, hoax mis informasi biasanya memplesetkan kabar atau berita sebenarnya, sehingga membentuk narasi yang menyimpang dan menyesatkan untuk menjatuhkan kandidat. Apalagi kata dia paslon nomor urut 3 memiliki peluang besar untuk memenangkan perhelatan pilkada tahun ini.

“Nomor 3 inikan punya peluang besar untuk menang, dan itu sudah tersebar di ketahui banyak orang. Makanya Hoax misinformasi ini bisa saja sengaja di buat rivalnya untuk menjatukan, untuk mencemarkan nama baik”. Terangnya.

Sebagai tindak lanjut kata Mutmainnah, iyapun berencana untuk melaporkan kejadian ini pada petugas kepolisian polres maros.

Hal itu selain sebagai tindakan yang dinilai sengaja di lakukan oleh tim paslon tertentu dalam menyebarkan berita bohong. Juga dianggap telah mencemarkan nama baik paslon nomor urut 3.

“Menyebarkan berita bohong itukan jelas tidak boleh, bayangkan pesan berantai di kirim ke berbagai group sosial media, berapa banyak orang bisa di sesatkan. Tentu kami akan tindak lanjuti, akan kami laporkan”. Tegasnya.

Peggalan video yang beredar luas media sosial itu, sebelumnya di ketahui merupakan hasil tayangan televisi nasional swasta CNN dua tahun lalu.

Pada peggalan video tersebut, turut disertakan narasi yang terkesan memaksakan bahwa anak wakil bupati maros saat itu diamankan petugas dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Setelah di telusuri dari berbagai sumber baik tayangan televisi swasta itu sendiri, tidak ada kata yang menjelaskan terkait OTT yang di maksudkan oleh tim pendukung paslon tertentu.

Berikut kutipan narasi yang dinilai sebagai upaya untuk mencemarkan nama baik paslon 3, serta mengandung informasi menyesatkan atau hoax misinformasi. Kalimat ini juga sebelumya di tulis dalam huruf kapital.

“Cocok ini baru ott, jadi bisa belajar dari sini seperti apa itu ott. Ott anak h. A. Harmil mattotorang di tangkap saat berpesta sabu yang katanya penjaga kehormatan”. (*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC