Kebakaran Kampung Lepping Makassar Hanguskan 110 Rumah

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –
Kebakaran di  kawasan permukiman padat penduduk, Kampung Lepping, Lorong 1, 2, 3, Jalan Muhammad Tahir, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, telah menghangus sebanyak 110 rumah.

Peristiwa ini bermula diduga sumber api berawal dari salah satu rumah warga yang sedang memasak lalu ditinggal hingga kompor meledak akibat kebocoran gas.

“Data sementara yang masuk sebanyak 110 unit rumah semipermanen terbakar. Terdapat 397 jiwa dan 87 kepala keluarga,” kata Pelaksana Harian (Plh) Lurah Jongaya Zulkifli, di lokasi kejadian.

Hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan jumlah warga terdampak kebakaran ini, dan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Sudah dilaporkan ke Pak Wali Kota. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Dinsos serta BPBD untuk mendirikan dapur umum. Lokasi sementara kami masih cari mana yang mudah diakses,” katanya.

Zulkifli belum mengetahui pasti penyebab kebakaran, karena sedang diselidiki aparat kepolisian.

Diketahui kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.10 WITA. Armada diturunkan sebanyak 22 unit, dengan personel 90 orang. Api berhasil dikuasai sekitar tiga jam kemudian atau sekitar pukul 12.30 WITA. Belum ada dilaporkan korban jiwa,” ujar Akbar.

Luas lokasi kebakaran 700×200 meter persegi dengan rata-rata rumah petak semipermanen.

Berdasarkan keterangan Ketua RT 04 Husain Samal, sumber api diduga dari salah satu rumah warga yang sedang memasak lalu ditinggal hingga kompor meledak akibat kebocoran gas.(*)

 

 

Pemkot Makassar SC
Pangkep SC