banner dprd mkassar

RS Andi Makkasau Edukasi Pasien Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga tentang Kesehatan Gigi dan Mulut yang dibawakan oleh Dokter Internship dan PKRS.

Kegiatan itu dilaksanakan di ruang tunggu lantai 1 poliklinik rawat jalan RSUD Andi Makkasau Parepare, setiap akhir pekan.
Wakil Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Andi Cenrara mengatakan edukasi yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada pasien dan keluarganya pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Kesehatan gigi dan mulut, kata Andi Cenrara adalah hal yang sangat penting karena gigi dan gusi yang rusak dan tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Bila tidak dibersihkan dengan baik maka sisa makanan yang tertinggal di gigi akan membentuk koloni bersama bakteri yang disebut plak.

Plak pada gigi, lanjutnya selain dapat menyebabkan gigi berlubang juga bisa menyebabkan peradangan pada gusi yang disebut gingivitis dan bila dibiarkan akan bertambah parah menyebabkan penyakit periodontal yang akibat terburuknya bisa menyebabkan kehilangan gigi.

“Kegiatan ini merupakan program PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit),” ucap Andi Cenrara. (11/9/2023)

Andi Cenrara mengungkapkan mencegah gigi berlubang ada 4 cara antara lain, mengurangi mengkonsumsi makanan manis dan asam, menyikat gigi 2 kali sehari, menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride dan melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali.

Sebelumnya, Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraini Sari mengungkapkan RSUD Andi Makkasau Parepare berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Seluruh inovasi yang dihadirkan, baik itu pelayanan maupun pengadaan alat kesehatan, merupakan bentuk perhatian menajemen RSUD Andi Makkasau Parepare terhadap masyarakat.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *