Survey PatraData: PDIP Tak Terkalahkan, PSI Bersiap ke Senayan

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Dinamika yang terjadi dalam proses pemilu 2024 memberikan kesan tersendiri bagi Masyarakat Indonesia, antusiasme dan dinamika masyarakat dalam pesta demokrasi yang sebentar lagi di laksanakan menjadikan salah satu referensi bagi Partai Politik maupun paslon Capres dan cawapres serta calon legislatif dalam menyusun strategi dan langkah pemenangan.

PatraData menjadi salah satu lembaga riset dan konsultan yang ikut andil dalam survei nasional, memberikan paparan hasil survei nasional melalui survei telepon terhadap 1220 responden yang dimulai dari tanggal 1 – 7 oktober 2023 yang lalu dengan beberapa kategori.

“Hasil Survei Nasional PatraData yang dilakukan pada sampel responden yang dipilih secara acak dari kumpulan data base nomor telepon yang dimiliki oleh PatraData. Menggunakan asumsi simple random sampling, jumlah responden 1.220 memiliki toleransi kesalahan (margin of error – MoE) sebesar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Selanjutnya Quality Control dilakukan dengan menelepon ulang responden (call back) sebanyak 20% dari total sampel,” ungkap Rezki Adminanda selaku Manager Riset PatraData dalam paparannya siang ini di Kantor PatraData.

Pada Kategori Kinerja Presiden saat ini, kepuasaan responden di angka 75.2%. mayoritas responden 19,47% menyatakan percaya dan 63,05% cukup percaya terhadap lembaga presiden, sedangkan hal tersebut berbanding terbalik dengan lembaga DPR yang menjadi lembaga tidak dipercaya sebesar 26,60% serta 40,64% responden menyatakan kurang percaya dengan DPR.

Selain itu pada kategori pilihan partai politik, PDIP masih unggul terhadap pilihan partai politik di 21,88%, Peringkat kedua terdapat partai Gerindra di 17,92% dan berikutnya Golkar di 8,18%, Nasdem berada diurutan keempat dengan angka 7,92%, disusul berikutnya PKS di 6,89%, PKB di 6,37%, Demokrat di 5,68% dan PAN di 4,22%.

 

“Hasil yang menarik pada persentase partai PSI di 3,79% setelah PAN disusul PPP di 3.53%. Survei Nasional PatraData ini dilakukan setelah Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo didaulat menjadi Ketua Umum PSI sehingga kami menduga hal tersebut yang membuat responden memilih Partai PSI. untuk PPP sendiri tentunya masih ada waktu untuk kerja lebih ekstra dalam memastikan diri untuk bisa lolos kembali menjadi partai parlemen pada periode 2024 – 2029”. tutup Rezki Adminanda di akhir paparannya.

Contact Person :
Rezki Adminanda – 081.364.555.992
Manajer Riset PatraData