banner dprd mkassar
DAERAH  

Jadi Orang Terkaya di Sulsel, Andi Amran Sulaiman sesuai LHKPN di KPK

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat dikenal sebagai negeri para saudagar. Orang Sulsel dikenal dengan sifat pekerja keras dan terbiasa merantau, membuat sejumlah figur yang lahir dari tanah ini memiliki kemasyhuran. Maka tak mengherankan jika banyak saudagar dari Sulsel cukup diperhitungkan di kancah nasional bahkan internasional.

Adapun figur yang masu masuk daftar orang terkaya di Sulsel berdasarkan laporan harta kekayaan di laman LHKPN KPK ditempati oleh Andi Amran Sulaiman diurutan pertama. Harta kekayaan Menteri Pertanian RI Kabinet Indonesia Maju, Andi Amran Sulaiman kini mencapai Rp 1,1 triliun.

Andi Amran Sulaiman menjabat menteri pertanian untuk kali kedua mulai 25 Oktober 2023. Sebelumnya, Andi Amran Sulaiman menjabat Menteri Pertanian Kabinet Kerja selama 5 tahun, mulai 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019.

Dengan menduduki orang terkaya nomor satu di Sulsel, Andi Amran Sulaiman yang juga merupakan pengusaha sukses dan founder PT Tiran Group ini memiliki modal politik yang sangat besar. Tidak mengherankan dengan jumlah kekayaan sebesar itu bisa dengan gampang melenggangkan adiknya (Andi Sudirman Sulaiman) dalam kontestasi Pilgub Sulsel.

Ini terbukti ketika pada Pilgub Sulsel tahun 2018 lalu ketika Andi Sudirman dipaketkan dengan Nurdin Abdullah, pasangan dengan akronim Prof Andalan ini dengan mudah menggaet banyak partai pengusung.

Memang tak bisa dinafikkan, dukungan dan kontribusi Andi Amran Sulaiman dalam Pilgub Sulsel 2018 lalu sangat signifikan. Karena di samping modal kekayaan yang sangat melimpah, Ketua IKA Pusat Unhas ini juga dikenal sebagai sosok yang bisa diterima oleh semua kalangan sehingga mampu menjalin komunikasi yang lancar baik dengan partai politik maupun dengan tokoh masyarakat lokal dan nasional.

Kemudian di urutan kedua ditempati oleh Jusuf Kalla dengan total kekayaan sebesar Rp. 900.837.737.179.

Diketahui Jusuf Kalla pernah menjabat Wakil Presiden 2 periode dan menteri. Jusuf Kalla mengawali kariernya sebagai pengusaha di bidang otomotif dengan nama Kalla Group.

Di urutan ketiga ditempati oleh founder Bosowa Group, Aksa Mahmud. Berdasarkan laporan LHKPN KPK terakhir di tahun 2008 hartanya mencapai Rp.436.780.746.000. Saat itu Aksa Mahmud merupakan Anggota DPD RI dan tercatat sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Kemudian, Bupati Kabupaten Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menempati peringkat keempat sebagai orang terkaya Sulsel. Bupati Bulukumba periode 2021 hingga 2026 ini memiliki harta kekayaan mencapai Rp265.292.134.480.

Di posisi kelima ada Wali Kota Makassar Danny Pomanto. Dikenal dengan latar belakang arsitek, dia menjabat Walikota Makassar selama 2 periode.

Berdasarkan data di LHKPN, walikota Makassar ini memiliki harta kekayaan sebesar Rp212.361.628.012. (*)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *