Wabup Soppeng : Kajati Sulsel Layak Mendapat Posisi Promosi Jaksa Agung Muda Intelejen RI 

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR- Wakil Bupati Soppeng, Supriansa menilai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Jan S Maringka layak mendapat posisi promosi jadi Jaksa Agung Muda, Intelejen RI. Hal itu tak lepas atas prestasi prestasinya mengkomandoi penegakkan hukum di wilayah Sulselbar.

“Kami dari pemerintahan sangat senang dengan gaya kepemimpinan beliau yg lebih dikenal dengan istilah KOP yaitu Konsolidasi, Optimalisasi, dan Publik trust. Kemudian Penerapan TP4D Pemda diseluruh Kabupaten sangat terasa dengan inisiatifnya kejaksaan melakukan komunikasi dengan pemerintah setempat yang sekaligus memberikan pengawasan dan pembinaan sehingga penggunaan anggaran tidak liar dan tetap terkontrol serta transparan,” kata Supriansa saat ditemui di Makassar, Minggu (12/11/2017)

Orang nomor dua di Kabupaten Soppeng itu mencontohkan, di daerahnya ada istilah Jaksa Galang Desa yang di prakarsai Kajari Soppeng atas petunjuk Kajati Sulsel.

“Itu sangat bagus karena jaksa melakukan pengawasan dan pembinaan kepada para kepala desa dalam rangka penggunaan anggaran dana desa yang begitu besar hingga mencapai 2 Milyar pertahun setiap Desa di kabupaten soppeng. Nilai yang cukup besar dan bisa berbahaya jika tidak dikelolah dengan baik,”ungkapnya.

Selanjutnya ditingkat Provinsi, Jan S Maringka mampu mengangkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi kejaksaan di Sulsel, dengan menjadikannya Bupati Takalar tersangka dan pengusaha ternama Yen Tang di kota Makassar.

“Selama ini pak Jan S Maringka dianggap remeh dama penegakaj hukum, tapi ia mampu membuktikannya, mampu mengangkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi kejaksaan di Sulsel
dengan menjadikannya Bupati Takalar tersangka dan pengusaha ternama Yen Tang di kota makassar,” jelasnya.

Tindakan tersebut dalam penegakan hukum seketika membuka lebar mata masyarakat Sulsel, bahwa Kejati saat ini yang dipimpin oleh Jan S Maringka tidak main main soal penegakkan hukum. Seketika masyarakat juga memberi apresiasi yang sangat tinggi atas upayanya menjadikan kejaksaan sebagai pilar penegakkan hukum yang tidak bisa diatur oleh pihak luar.

“Dengan kinerja yang begitu besar manfaatnya yang sudah dilakukan di Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat, saya sebagai aparat pemerintah yang sekaligus wakil bupati Kabupaten Soppeng mengatakan beliau layak dengan promosi yang lebih tinggi pada posisi Jam Intel dengan jangkauan yang lebih luas untuk negara kesatuan republik indonesia,”harap Supriansa.(*)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan