Tujuh Fraksi DPRD Gorontalo Sepakat Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELBES,COM, GORONTALO – DPRD Provinsi Gorontalo menggelar rapat Paripurna ke-54, dalam rangka persetujuan pembentukan calon Kabupaten Bone Pesisir, yang dilaksanakan di ruang sidang DPRD, Senin (13/7/2021).

DPRD Provinsi Gorontalo, Hj. Yeyen Sadiki, MM menyampaikan kepada awak media mengungkapkan, bahwa dari hasil rapat tersebut, tujuh Fraksi telah menyetujui adanya rencana pembentukan kabupaten baru tersebut.

Bahwa dalam UU NO. 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah pada intinya bagaimana penyelenggaraan daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah.

Selanjutnya saat pembacaan didepan siding paripurna ia pun menambahkan undang-undang menjamin setiap daerah otonom baru memiliki hak, kewenangan, serta kewajiban untuk mengatur mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“kita juga mesti memperhatikan keputusan pemerintah yang telah melanjutkan moratorium pembentukan daerah otonom baru di tahun 2021 baik pemekaran maupun penggabungan wilayah. Ungkap Yeyen.

Ia menambahkan, bahwa melihat tujuan pemekaran yang disajikan oleh komite pembentukan daerah otonom baru persiapan kabupaten Bone Pesisir, yang menarik prhatian kami adalah pada poin 1 (satu) bahwa secara geografis letak daerah persiapan kabupaten Bone Pesisir yang terpisah dari daerah induk karena harus melewati kota Gorontalo sehingga pelayanan publik terasa jauh dari jangkauan masyarakat.

“Olehnya itu fraksi kami sangat mendukung dalam hal menciptakan solusi yang tepat, guna mengurai kesejangan pelayanan publik yang terjadi antara Bone Pesisir dengan daerah induk yang terpisah secara geografis,” tegansya. (RAMA).

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC