banner dprd mkassar

Dosen FSD UNM Latih Siswa SMP 27 Makassar, Board Games Teater Rakyat Kondobuleng

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM), Angkatan 1 oleh tim LP2M UNM berlangsung di UPT SPF SMP 27 Makassar, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan PKM mengangkat judul Penguatan Nilai Tradisional Melalui Board Games teater Rakyat Kondobuleng Bagi Siswa SPF SMP Negeri 27 Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan jumlah peserta 29 orang, diantaranya ada yang menyatakan sangat bersemangat mengekspresikan adegan dan dialog dari Teater Rakyat Kondobuleng.

Hal ini disampaikan langsung oleh pihak sekolah, dalam hal ini diwakili oleh Naston, S.Pd., M.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah yang mengatakan bahwa pada pelaksanaan kegiatan ini ada beberapa tahap yang dilakukan, pertama dilakukanlah Sosialisasi materi Teater Rakyat Kondobuleng, pengenalan bentuk Penyajian Teater Rakyat Kondobuleng dengan Video.

“Kemudian bagian kedua yaitu inti kegiatan ini, melaksanaan board games berbasis teater rakyat kondobuleng, dan ketiga adalah tahap evaluasi kegiatan,” tuturnya.

Dr. Asia Ramli, M.Pd, mengatakan bahwa, pertunjukan Teater Rakyat Kondobuleng mengandung nilai-nilai pendidikan. Salah satu cara yang efektif dalam mentransmisikan nilai pendidikan dari teater rakyat kondobuleng adalah melalui pelatihan atau program kemitraan masyarakat.

“Ini merupakan kegiatan yang sementara kami lakukan yaitu mengimplementasikan peristiwa teater dalam bentuk yang baru,” tuturnya.

Andi Taslim Saputra, S.Pd., M.Sn meyampaikan bahwa, Teater rakyat kondobuleng ini menjadi media atau instrumen penguatan nilai ketradisional atau dalam artian fakem-fakem yang beridentitas kultur lokalitas. Teater Rakyat Kondobuleng berdasarkan hasil penelitian memiliki nilai pendidikan, nilai moral, nilai estetik, nilai sosial-kultur dan nilai kemanusiaan.

“Berdasarkan pengamatan saya, pada kegiatan pelatihan ini, Siswa yang menjadi peserta kegiatan sangat antusias dan menikmati konsep yang baru. Siswa-siswa dengan sangat mudah menyerap adegan-adegan Teater Rakyat Kondobuleng yang dieskpresikan melalui petunjuk yang ada di boardgames, Video dan kartu adegan,” ujar Taslim yang juga merupakan Dosen Muda Progresif FSD

Sedangkan Khaeruddin selaku Sekjur Seni Pertunjukan FSD UNM mengatakan bahwa kegiatan ini memperlihatkan jalinan kerjasama dan interaksi antar siswa. Pelatihan teater mengadopsi bentuk akting dan adegan dari teater rakyat kondobuleng.

“Kegiatan ini dirancang dengan konsep simulasi dan media games yang interaktif, sehingga pelatihan ini dapat berjalan lancar dan tanpa masalah,” ujar Khaeruddin.

Sesuai dengan arahan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, IPU dalam sambutannya bahwa kegiatan PNBP merupakan salah satu program unggulan dari LP2M UNM, yang diharapkan dapat mendorong masyarakat agar dapat lebih kreatif, inovatif serta berjiwa kewirausahaan.

Nur Annisah Yusuf, S.Pd adalah Wali Kelas yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini mengucapkan terima kasih kepada narasumber.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan terutama tentang Teater Rakyat Kondobuleng sehingga siswa dapat mengetahui alternatif model pembelajaran yang menyenangkan, serta sesuai dengan zaman. (*)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *