banner dprd mkassar

Makassar Half Marathon Berstandar Internasional, Diikuti 45 Peserta Mancanegara

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Makassar Half Marathon (MHM) kedua dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar bakal digelar di Anjungan Pantai Losari, Minggu (18/06/2023).

Event tahunan tersebut menjadi satu-satunya di Indonesia Timur yang berstandar internasional. Ada 45 peserta dari mancanegara.

Pelari-pelari mancanegara tersebut berasal dari Korea, Kenya, Brazil, Singapura, Filipina, Inggris, Skotlandia, dan Amerika. Para pelari tersebut melengkapi dari 4.000 peserta yang ditarget.

Kategori yang dipertandingkan 21K, 10K, dan 5K. Pelari akan didampingi tim pacers. Juga ada sekitar 700 volunteer.

Jadwal 20K pukul 05.10 Wita, 10K pukul 05.30 Wita, dan 5K pukul 05.45 Wita.

“Temanya Stride of Solidarity (langkah kebersamaan, red), sengaja agar semua elemen bisa terlibat terkhusus komunitas lari,” ujar Founder MHM, Ki Harry Ramadhan.

Pendaftaran semua melalui web melalui www.makassarhalfmarathon.com Tidak ada pendaftaran offline.

“Tahun ini pusat tetap di Anjungan Pantai Losari. Jadi ada expo yang isinya entertainment dan lainnya,” kata Ary.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Andi Pattiware hal ini kembali dilakukan agar olahraga bisa menjadi ruang positif bagi masyarakat. Terutama memberi dampak positif bagi kehidupan maupun diri sendiri.

“Kita mau mengulangi kesuksesan tahun lalu, apalagi tahun ini skalanya lebih luas dan target kita lebih besar dari capaian tahun lalu,” ujarnya saat jumpa pers di Balaikota, Makassar, Kamis (15/06/2023).

Bukti keseriusan tahun ini, kata Andi Pattiware total hadiah yang meningkat. Total hadiah pada 2022 sebanyak Rp300jt dan saat ini menjadi Rp500jt.

Sekadar Diketahui, MHM sebagai ajang lari half marathon berstandar internasional terbesar di Indonesia Timur, mengambil tema Stride of Solidarity (angkah kebersamaan). MHM 2023 menggandeng hampir seluruh komunitas lari di Makassar dan Sulawesi Selatan.

Para komunitas tersebut terlibat dalam perhelatan ini mulai dari marshal hingga pemilihan tim Pacer (Pemandu peserta dalam berlari dalam waktu tertentu).

Sebelum dilaksanakan, MHM 2023 mempunya serangkaian agenda road to MHM yang dilaksanakan sejak Maret 2023. Beberapa kegiatan antara lain, MHM TRAINING PROGRAM (sebuah program untuk calon peserta agar pada saat event berada dalam kondisi prima dan fit untuk mencapai target finish).

Kegiatannya Strength Training dan Running Drills yang diadakan setiap kamis malam berlokasi di Tribun Karebosi dan juga SUNDAY LONG RUNS yaitu jadwal rutin berlari antara peserta dan tim Pacer setiap hari minggu dan bertempat di kafe-kafe yang berada di Makassar, selain dua program tersebut MHM 2023 juga melakukan rangkaian road show ke luar Makassar untuk menyapa calon peserta kota yang dikunjungi antara lain: Gowa, lakarta Sengkang kab. Wajo dan juga Palopo

Bekerjasama dengan 101 Kota Makassar, tim Pacer dibekali dengan pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support) sebelum bertugas pada saat Race Day Selain Pacer akan ada juga tim pelari dari Di kota Makassar yang disebut Running Doctors, tim yang akan ditempatkan di ketiga kategori sebagai langkah preventif dalam penanganan situasi darurat kepada para peserta pada saat Race Day. (*)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *