Bangun Manajemen Parpol Modern, TP Diminta Rekrut Profesional Berpangalaman

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Ketua Golkar Sulsel terpilih, Taufan Pawe (TP) bertemu dengan 13 anggota Fraksi Golkar di Rujab Ketua DPRD Sulsel, Sabtu, (15/8/2020).

Dalam kesempatan itu TP menyatakan tekadnya untuk membangun manajemen Partai Golkar yang lebih modern. “Kita harus memulai untuk merancang semuanya dengan manajemen yang lebih modern dan lebih maju. Semua harus dimulai dari tata kelola partai yang bagus,” katanya.

Terkait dengan itu, TP menyatakan struktur pengurus yang membantunya ke depan harus beradaptasi dengan manajemen maju tersebut. “Tak boleh lagi dikelola dengan manajemen lama yang membuat kita tertinggal dari parpol lain,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, beberapa pengamat menyarankan TP untuk berani membuka pintu Golkar pada figur yang selama ini berpengalaman dalam urusan manajemen pemenangan Pemilu untuk mendukung tekadnya itu. “TP harus berani membuka pintu Golkar untuk masuknya figur profesional masuk membantunya. Jika tidak, tekad itu hanya tinggal tekad saja,” kata, Peneliti dari Indo Riset Celebes, Randy Fitranyah, Sabtu.

Dua posisi utama yang harus dibuka TP adalah Sekertaris DPD, Organisasi dan Kepartaian serta Badan Pemenangan Pemilu. “Tiga sentral penggerak manajemen partai ada di tiga bagian itu, sekertaris, kepartaian dan organisasi dan pemenangan pemilu. Di posisi itu ia harus berani membuka diri dengan memilih figur eksternal yang berpengalaman menanganinya,” katanya. TP kata Randy harus mencontoh apa yang dilakukan beberapa parpol seperti Nasdem Sulsel yang menyerahkan manajemen pemenangan Pemilu kepada figur profesional seperti konsultan politik. “Dan kita bisa lihat hasilnya, semua parpol yang dikelola profesional dari sisi pemenangan pemilu semua sukses,” tutupnya.(*)

Andi Muhammad Fadli