Melalui PKM, Dosen Unisan Dampingi Usaha Keripik Singkong Panti Asuhan Rahmatullah

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM. GORONTALO. Dosen Unisan lakukan pendampingan usaha Kripik Singkong di Panti Asuhan “Rahmatullah” terletak di Desa Motilango Kecamatan Tilongkabila Gorontalo. Minggu, (15/8/2021).

Panti asuhan ini memiliki usaha keripik singkong sebagai bentuk upaya agar anak-anak Panti memiliki kemampuan berwirausaha terutama di masa Pandemi Covid-19 ini. Namun, terdapat beberapa kekurangan pada usaha tersebut sehingga keuntungan yang diperoleh relatif kecil.

Kekurangan tersebut diantaranya produksi yang masih terbatas akibat peralatan dan modal yang terbatas, keripik yang dihasilkan masih mengandung banyak minyak, kurangnya varian rasa keripik, kemasan yang kurang menarik, belum ada nama/ brand produk, belum ada izin edar PIRT dari Dinas Kesehatan, belum pernah dilakukan promosi produk melalui online, ujar Usri Bantali, salah satu pengasuh di Panti Asuhan Rahmatullah.

Melihat permasalahan ini, tim dosen dari Universitas Ichsan Gorontalo yang terdiri dari Tri Handayani, S.Pd.,M.Sc (Dosen Prodi Teknologi Hasil Pertanian); Ardiwansyah Nanggong, SE.,M.Sc (Dosen Prodi Manajemen) dan Kartika Chandra Pelangi, S.Kom.,M.Kom (Dosen Prodi Ilmu Komputer) mencoba mencarikan jalan keluar melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang alhamdulillah didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Tahun 2021, ujar Tri Handayani, selaku Ketua pada Tim PKM ini.

Selain itu, diungkapkan pula oleh Tim PKM Unisan bahwa Program Kemitraan yang dilakukan yaitu berupa transfer Pengetahuan dan Keterampilan dalam bentuk Pemberian Materi dan Pelatihan kepada anak-anak dan pengelola Panti. “Kami melakukan pula pembenahan tempat produksi, pemberian peralatan produksi serta pendampingan dalam pengurusan izin edar PIRT. Produk keripik singkong yang dibuat kami beri nama Otohila’u yang artinya Kusuka” ungkap Tri.

Apa yang dilakukan oleh Tim PKM dari Unisan ini diapresiasi oleh Pemilik Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Rahmatullah Ibu Sri A.D. Utiarahman, SE., M.Si seperti halnya diungkapkan dimana pihaknya berterima kasih dan mendukung kegiatan PKM ini karena hal ini dapat mengajarkan anak-anak Panti berwirausaha. Selain itu, harapannya usaha keripik ini kedepan menjadi semakin maju sehingga dapat membantu mewujudkan kemandirian ekonomi Panti. (Rama).

Pemkot Makassar SC
Pangkep SC