banner dprd mkassar

Bersama Legislator DPRD Wajo, Bupati Wajo Tinjau Langsung Dampak Kekeringan di Pesisir Danau Tempe

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Bupati Wajo melakukan gerak cepat menindaklanjuti aspirasi masyarakat Desa Assorajang, Kecamatan Tanasitolo yang bermukim di sekitar Kanal Radi A. Gani.

Masyarakat sekitar mengeluhkan kondisi Kanal Radi A. Gani yang mulai mengalami kekeringan, bahkan airnya tidak layak lagi dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebagai bentuk respon dari keluhan masyarakat tersebut, Bupati Wajo, Amran Mahmud langsung turun meninjau Kanal Radi A Gani di Desa Assorajang Kecamatan Tanasitolo, Jumat (15/09/2023).

Amran Mahmud saat melakukan peninjauan, menyebut, perlu upaya penanganan darurat secepatnya. Pasalnya air yang ada sekarang ini sudah tidak mengalir bahkan sudah tidak layak konsumsi.

“Yang perlu kita pikirkan sekarang bagaimana air bisa mengalir di sepanjang Kanal Radi A.Gani ini supaya masyarakat bisa memanfaatkannya. Karena air yang ada sekarang khususnya Dusun Tanjong Manik sudah sangat tidak layak dikomsumsi ,” ujarnya.

Untuk langkah awal antisipasi kekeringan ini, Bupati Wajo memerintahkan PDAM untuk melakukan suplay air bersih ke Desa Assorajang.

“Langkah awal, kita minta PDAM untuk menyuplai air bersih menggunakan mobil tangki, sambil kita koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang untuk mencarikan solusinya, agar secepatnya air bisa masuk di Kanal Radi A. Gani,” ucapnya.

Amran Mahmud meminta juga kepada Kepala BPBD Wajo untuk menyiapkan gentong untuk penampungan air, supaya masyarakat bisa menikmati air bersih yang disuplay PDAM.

Selain meninjau kondisi Kanal Radi A.Gani, Ketua ICMI Wajo ini menyempatkan diri bersilaturahmi dengan warga setempat.

Amran berbaur dan bercengkerama dengan warga di Sanggar nelayan di Dusun Tanjong Manik sekaligus mendiskusikan upaya penanganan dampak elnino.

Turut mendampingi pada kesempatan tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Junaidi Muhammad, Kepala Dinas Pertanian, Ashar, Kepala BPBD, Syamsul Bahri, Perwakilan Perumda Tirta Danau Tempe, Perwakilan Dinas PUPR, perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang serta sejumlah rombongan lainnya.

Sebelum turun melakukan Peninjauan, Bupati Wajo menyempatkan diri shalat Jumat bersama warga, sekaligus bertindak selaku Khatib Jum’at, di Masjid Darul Huda Empagae.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *