Mahasiswa Kedokteran Belanda mengikuti Program Exchange Student FK UNHAS Mendukung UNHAS Menuju Status World Class University

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR  – Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-UNHAS) menerapkan langkah strategis menuju status World Class University (WCU) dengan menyambut kedatangan empat mahasiswa kedokteran dari Erasmus Universiteit Rotterdam, yang saat ini berada di tahun ketiga studi mereka. Tindakan ini merupakan bagian dari strategi universitas dalam meningkatkan jumlah mahasiswa internasional, yang merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai status WCU.

Selain menerima mahasiswa asing, FK UNHAS juga membuka pintu bagi dosen dari berbagai negara untuk berkolaborasi dalam upaya mencapai status WCU. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan keragaman pengetahuan dan pengalaman yang ditawarkan oleh universitas.

Dr. dr. Rina Masadah, M.Phill, DFM, Sp.PA(K), Kepala Pusat Publikasi, Pengabdian Masyarakat, dan Urusan Internasional di Fakultas Kedokteran UNHAS, menekankan pentingnya kerjasama internasional, termasuk program pertukaran mahasiswa, dalam mencapai status WCU.

Keempat mahasiswa asal Belanda ini akan berada di Makassar selama enam minggu, mengikuti program akademik dan menjalani eksplorasi budaya lokal, didampingi oleh dosen dari Fakultas Kedokteran UNHAS. Mahasiswa kedokteran asal Belanda ini  melakukan kunjungan ke Fasilitas Kesehatan Primer, Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, Rumah Sakit Daya, RSUD Bantaeng, RS Unhas, RS Wahidin Sudirohusodo dan ikut dalam kegiatan pembelajaran bersama mahasiswa FK UNHAS di kelas serta aktif dalam kegiatan praktikum, Clinical Skill Lab, dan Problem Based Learning (PBL), terutama mempelajari berbagai penyakit tropis.

Dalam program exchange ini, satu orang mahasiswa FK Unhas juga telah ke Erasmus Universiteit Rotterdam untuk sit in di kelas mengambil mata kuliah Community Medicine selama empat minggu.

Harapannya adalah kolaborasi ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan dan budaya antar-universitas serta membantu UNHAS dalam mencapai status WCU yang diinginkan.