banner dprd mkassar

Mengagumkan, Siswa SD Islam Athirah 1 Makassar Manfaatkan Limbah Kantong Plastik Jadi Pouch Unik

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Menjaga lingkungan tentunya banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya pemanfaat kantong plastik bekas menjadi pouch. Seperti yang telah dilakukan oleh Siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar untuk kelas 4 dan 5 selama dua hari ini, 14-15 November 2023.

Sebanyak 111 siswa kelas 4 dan 100 siswa kelas 5 mengikuti workshop P5 dengan tema “Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Pouch”.

Kegiatan ini dilaksanakan pukul 09.00 WITA di auditorium Sekolah Islam Athirah. Sebelumnya workshop, siswa siswi mengikuti edukasi terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pembuatan pouch.

Adapun bahan yang disiapkan oleh siswa adalah kantong plastik bekas, gunting, setrika dan bahan lainnya di siapkan oleh Tim Rappo.

Mursyidn HM.,S.Pd selaku ketua panitia kelas 4 mengungkapkan kegiatan ini bekerja sama dengan RAPPO karena berhubungan dengan materi kelas empat mengenai lingkungan, lebih tepatnya gaya hidup berkelanjutan. RAPPO adalah usaha sosial yang bergerak di bidang daur ulang sampah plastik, utamanya kantong plastik yang diubah menjadi berbagai macam tas unik.

“Dengan menggunakan kantong plastik bekas, siswa ikut berkontribusi pada pengurangan limbah plastik dan membantu mempromosikan prinsip daur ulang,” tambah Sidin.

Sedangkan Arfiyuni Firman ,S.Pd.,M.Pd selaku Wakasek Kurikulum menyampaikan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap masalah lingkungan, seperti masalah sampah plastik, dan memberikan pemahaman tentang cara mendaur ulang bahan-bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pouch dari kantong plastik bekas dapat mengembangkan keterampilan kreatif siswa. Mereka dapat menciptakan desain tas mereka sendiri dan belajar cara menggabungkan berbagai warna dan tekstur,” jelasnya.

Alea salah satu peserta mengatakan bahwa tidak hanya belajar cara membuat tas yang unik dari kantong plastik bekas, tetapi juga mengerti betapa pentingnya mendaur ulang untuk lingkungan.

“Membuat pouch dari bahan kantong plastik bekas adalah hal yang baru dan merasa senang karena telah berhasil membuat pouch dengan bantuan kakak-kakak dari Rappo. Seru Banget,’’ ungkap Alea salah satu peserta workshop.

Penulis : Rika Rahayu.,S.Pd (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)

=====

Sekolah Islam Athirah merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Sulawesi Selatan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website www.sekolahathirah.sch.id atau hubungi Center of Information Officer (CIO) di nomor 0823-1111-1700.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *