banner dprd mkassar

Pj Gubernur Sulsel Minta DKSS Periode 2024-2029 Segera Pelantikan

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin meminta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, DR. Muhammad Arafah untuk segera memfasilitasi SK pengurus Dewan Kesenian Sulawesi Selatan (DKSS)

Selain itu, Bahtiar juga meminta untuk memfasilitasi pelantikan sesegera mungkin dan kebutuhan sekretariat di kawasan area Monumen Mandala. Hal ini diungkapkan Pj Gubernur Sulsel saat menerima pengurus DKSS Periode 2024-2029, di kantor Gubernur Sulsel, kamis 15 Februari 2024.

“Urusan kesenian dan kebudayaan ini penting, sebuah daerah perlu punya rekayasa kebudayaan atau strategi kebudayaan ,” ungkap Bahtiar.

Pria yang sebelumnya menjabat Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri mencontohkan untuk memasyarakatkan I Lagaligo sebagai epos kolosal dan naskah yang diakui dunia.

” Yang saya takutkan bila para buadayawan yang tahu isi La Galigo itu sudah meninggal semua, siapa lagi yang akan menceritakan itu ke anak cucu kita, sekarang ini saja banyak yang tahu tentang naskah La Galigo tapi tidak banyak yang tahu apa isinya La Galigo itu sendiri,” jelas Bahtiar Baharuddin.

DR. Muhammad Arafah menyambar gagasan Pj Gubernur Sulsel dengan usulan membuat komunitas La Galigo yang dikelola bersama Disbudpar dan DKSS. Kadis Disbudpar yang turut mendampingi Pj Gubernur menerima Pengurus DKSS.

Ketua DKSS, DR Arifin Manggau menyambut baik gagasan Pj Gubernur Sulsel, untuk itu ia berharap segera mungkin SK gubernur keluar dan pelantikan untuk segera melakukan rapat kerja agar seluruh agenda kerja yang direkomendasikan Mubeslub DKSS akhir tahun lalu bisa segera dijalankan.

“Kami dukung gagasan Pj Gubernur, sekaligus kami menyampaikan laporan hasil Mubeslub DKSS dan bertukar gagasan, Alhamdulillah banyak rencana dan gagasan yang perlu segera ditindaklanjuti segera,” ungkap Arifin.

Badan Riset dan Pengembangan DKSS, DR Asia Ram Prapanca banyak bertukar gagasan terkait pemajuan kebudayaan bersama Pj Gubernur Sulsel, ia mengungkapkan Pj Gubernur punya wawasan mendalam terkait kebudayaan. Sementara wakil ketua DKSS, Dirgantara,S.E mengaku gembira dengan respon Pj Gubernur Sulsel terhadap DKSS dan program kesenian nantinya.

“Keinginannya menghidupkan kesenian di Sulsel selaras dengan keinginan DKSS untuk kembali menghidupkan DKSS setelah lama vakum,” ujar maestro teater ini.

Arifin Manggau selain didampingi DR. Asia Ram Prapanca dan Dirgantara, juga hadir Pengurus DKSS, Jamal Kalan, Irwan AR, dan Harmin Hatta. (#)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *