banner dprd mkassar

Praktikum Matkul Ilmu Nutrisi Unggas, Mahasiswa Peternakan UIN Alauddin Lakukan Penyembelihan Ayam

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Mendekati Ujian Akhir Semester (UAS) menjadi musim praktikum bagi mahasiswa Universitas Islam Negri (UIN) Alauddin Makassar.

Salah satunya, mahasiswa jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) pada mata kuliah Ilmu Nutrisi Unggas melakukan penyembelihan ayam sebagai bahan praktikumnya.

Pada saat praktikum terlihat beberapa mahasiswa menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa jas laboratorium dengan antusias dan berhati-hati melakukan rangkaian proses penyembelihan agar tetap sesuai dengan syariat agama Islam.

Salah satu Praktikan (peserta praktikum), Anugrah membenarkan penyembelihan ayam tersebut sebagai bahan praktikum dalam mata kuliahnya.

“Tadi itu kebetulan lagi dilakukan penyembelihan ayam untuk praktikum mata kuliah Ilmu Nutrisi Unggas,” ucapnya, Kamis (15/06/2023).

Ia juga menjelaskan terkait proses penyembelihan dilakukan untuk mengamati organ pada hewan unggas tersebut.

“Tujuan dari praktik ini yaitu yang pertama tadikan dilakukan penyembelihan kemudian kita akan mengamati organ pencernaan dari hewan tersebut yaitu unggas yang tadi itu ayam,” jelasnya.

Asisten Laboratorium mata kuliah Ilmu Nutrisi Unggas, Dini Indah Pratiwi menyampaikan bahwa asisten lab bertanggung jawab menyediakan seluruh keperluan selama praktikum.

“Sebagai asisten itu disini untuk pihak lab itu kita yang menyediakan bahan, alat segala-galanya. Intinya praktikan itu hanya mengerjakan praktikum saja,” jelas Dini.

Lebih lanjut, Dini menuturkan praktikan lebih antusias melakukan praktik lapangan dibandingkan belajar teori di dalam kelas.

“Kalau soal antusiasnya praktikan, mereka cukup antusias kak karena namanya juga peternakan pasti lebih suka yang terjun ke lapangan langsung,” tutupnya.

Penulis: Nirwana Ulfah (Mahasiswi Jurnalistik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *